DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KEDISIPLINAN, DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI VOLUME BALOK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PETI REALITAS (PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA, TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY, BROKEN SQUARE) PADA SISWA KELAS VA SDN GAMBUT 2
PENGARANG:IRWAN ROSADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-23


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, kedisiplinan, dan hasil belajar siswa di kelas VA SDN Gambut 2 yang disebabkan
pembelajaran yang masih terlalu abstrak, kurang disiplin dalam kegiatan belajar, dan rendahnya keterlibatan siswa aktif.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui aktivitas  guru,  aktivitas  siswa, kedisiplinan belajar siswa dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa pada  mata pelajaran Matematika materi Volume Balok dengan ModelPETI REALITAS (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Team Assisted Individually, Broken Square).

Penelitian  ini  menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di kelas VA SDN Gambut 2 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Analisis data dilakukan secara kualitatif, yaitu pada aktivitas guru dan aktivitas siswa. Kemudian secara kuantitatif, yaitu kedisiplinan dan hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan teknik observasi, tes, angket, dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, kedisiplinan belajar, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 14 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 17 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 42% kriteria “Cukup Aktif ” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 83% kriteria “Sangat Aktif ”. kemudian kedisiplinan belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 52% kriteria “disiplin” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 82% kriteria “Sangat Disiplin”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 42% dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 85%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model PETI REALITAS dapat meningkatkan aktivitas, kedisiplinan, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi dalam melakukan penelitian selanjutnya khususnya materi volume balok pada siswa kelas V.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI