DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Perencanaan Aliran Kas Pada Proyek Peningkatan Jalan Paket Pelebaran Jalan Kurnia Kelurahan Landasan Ulin Utara Kota Banjarbaru
PENGARANG:AHMAD ANSHORI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-23


STUDI PERENCANAAN ALIRAN KAS PADA PROYEK PENINGKATAN JALAN PAKET PELEBARAN JALAN KURNIA KELURAHAN LANDASAN ULIN UTARA KOTA BANJARBARU

 

Ahmad Anshori, Candra Yuliana, S.T., M.T.

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Jl. A. Yani Km. 35,8 Kalimantan Selatan, Indonesia

Telp. (0511) 47738568-4781730 Fax.(0511) 4781730

                                      Email: anshori.ahmad17@gmail.com

ABSTRAK

            Pengaruh perencanaan terhadap proyek konstruksi akan berdampak pada pendapatan dalam proyek itu sendiri. Salah satunya adalah penjadwalan (time schedule), yaitu kegiatan untuk menentukan waktu yang dibutuhkan dan urutan kegiatan serta waktu penyelesaiannya. Biasanya realisasi rencana kerja di lapangan sering mengalami keterlambatan dalam pengerjaannya, karena realisasi penerimaan sangat ditentukan oleh cara pembayaran yang telah ditetapkan dalam kontrak konstruksi. Aspek sistem pembayaran sangat mempengaruhi modal kerja yang perlu disediakan oleh kontraktor. Penentuan sistem pembayaran yang tepat dapat memberikan keuntungan maksimum bagi kontraktor. Oleh karena itu peranan perencanaan aliran arus kas (cash flow) sangatlah penting dalam pelaksanaan proyek. Arus uang yang masuk dan yang keluar harus selalu diupayakan keseimbangannya. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan perencanaan cash flow dengan sistem pembayaran pembayaran Monthly Payment dan Progress Payment proyek berdasarkan penjadwalan Proyek Peningkatan Jalan Paket Pelebaran Jalan Kurnia Kelurahan Landasan Ulin Utara Kota Banjarbaru.

            Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah penjadwalan proyek dengan membuat uraian dan urutan setiap kegiatan dalam aktivitas proyek, menentukan durasi waktu untuk setiap aktivitas, dan membuat diagram jaringan proyek dengan metode PDM (Precedence Diagram Method). Kemudian membuat analisis cash flow dengan sistem pembayaran bulanan dan termin progress dengan 3 kali pemnayaran , yaitu pada kemajuan komulatif 30,04%, 70,28%, dan 100% pada kondisi penjadwalan EST dan LST dengan pinjaman.

            Hasil analisis data menunjukkan bahwa sistem pembayaran yang memberikan keuntungan maksimum adalah sistem Pembayaran Bulanan dengan menggunakan uang muka sebesar 20% pada penjadwalan kondisiEST (Earliest Start Time) maupun LST (Latest Start Time) dengan total pinjaman sebesar Rp. 653.000.000 yaitu kontraktor memperoleh keuntungan sebesar Rp. 490.990.222 dengan persentase keuntungan sebesar 8,892%.

Kata kunci : Cash flow, PDM, Earliest Start Time, Latest Start Time

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI