DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKN TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN MENGHUBUNGKAN KEDALAM DUNIA NYATA SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CONTEXTUAL TRACHING AND LEARNING (CTL), COOPERATIVE SCRIPT (CS) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS IV SDN KELAYAN DALAM 7 | |
PENGARANG | : | M ILHAM RAMADANI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-23 |
ABSTRAK
Ramadani, M.I. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PPKN Tema Karyanya Negeriku Dengan Menghubungkan Kedalam Dunia Nyata Siswa Menggunakan Kombinasi Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Cooperative Script (CS), dan Course Riview Horay (CRH) di Kelas 4 SDN Kelayan Dalam 7 .Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi SH., M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Hak, Kewajiban, Contextual Teaching and Learning, Cooperative Scrip, Course Review Horay .
Penelitian ini dilaksanakan kurangnya aktivitas sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN materi Hak dan Kewajiban. Pembelajaran yang masih bersifat satu arah serta masih kurang tepatnya dalam pemilihan dan penerapan strategi, pendekatan, dan penggunaan media maupun model-model pada proses pembelajaran seharusnya menggunakan model yang memiliki karakteristik menghubungkan kedalam dunia nyata siswa sesuai dengan materi pembelajaran yang memiliki karakteristik berhubungan dengan kehidupan nyata siswa. Pemecahan masalah ini menggunakan kombinasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Cooperative Script (CS) dan Course Review Horay (CRH). Dengan tujuan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Ubjek dari penelitian ini siswa kelas IV semester genap SDN Kelayan Dalam 7 tahun pelajaran2019/2020 berjumlah 24 orang. Data kualitatif didapat dari observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis dari kelompok dan individu. Indikator keberhasilan PTK ini apabila aktivitas guru mencapai 27-32 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mencapai ≥81% pada kategori aktif dan sangat aktif, siswa dapat mencapai ketuntasan belajar individu apabila mencapai ≥70 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal ≥81%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dari pertemuan 1 mencapai kriteria Baik, pertemuan 2 mencapai kriteria Baik, pertemuan 3 mencapai kriteria Sangat Baik, pertemuan 4 mencapai Kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa dari pertemuan 1 mencapai kriteria Cukup Aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria Cukup Aktif, pertemuan 3 mencapai kriteria Sangat Aktif, pertemuan 4 mencapai kriteria Sangat Aktif. Hasil belajar aspek kognitif dari pertemuan 1 Cukup Baik, pertemuan 2 memperoleh kriteria Cukup Baik, pertemuan 3 memperoleh kriteria Baik, pertemuan 4 mencapai kriteria Sangat Baik.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dengan aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal. Sehingga hipotesis dengan kombinasi model Contextual Teaching and Learning (CTL), Cooperative Script (CS) dan Course Review Horay (CRH) dapat diterima dan disarankan agar model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI