DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHASA DALAM BERPENDAPAT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL TALKING STICK DAN METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA BONEKA JARI PADA KELOMPOK A TK ISLAM MASJID JAMI TELUK DALAM BANJARMASIN
PENGARANG:DWI SUSMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-23


ABSTRAK

 

Susma, Dwi. 2020. “Pengembangan Bahasa Dalam Berpendapat Menggunakan Kombinasi Model Talking Stick dan Metode Bercakap-Cakap dengan Media Boneka Jari pada Kelompok A TK Islam Masjid Jami Teluk Dalam Banjarmasin”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM. Dosen Pembimbing Dr. H. Rusmansyah, M. Pd.

Kata Kunci : Bahasa, Berpendapat Menggunakan Kombinasi Model Talking Stick dan Metode Bercakap-Cakap dengan Media Boneka Jari.

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan aspek bahasa anak terutama dalam berpendapat yang masih belum berkembang. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakan kombinasi model talking stick dan metode bercakap-cakap dengan media boneka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan capaian pengembangan kemampuan bahasa anak khususnya dalam berpendapat.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di TK Islam Masjid Jami Teluk Dalam Banjarmasin pada kelompok A yang berjumlah 22 orang anak. Objek penelitian ini adalah pengembangan kemampuan bahasa anak dalam berpendapat. Analisis data dari aktivitas guru mencapai skor ≥ 21 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak secara rata-rata kelas mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “sangat aktif”, dan hasil pengembangan kemampuan bahasa anak minimal mendapat 3 dengan kategori “berkembang sesuai harapan”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kategori sangat baik.Aktivitas anak memperoleh kategori sangat aktif.Hasil pengembangan kemampuan kognitif anak memperoleh kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB).

Kesimpulan penelitian ini adalah menggunakan menggunakan kombinasi model talking stick dan metode bercakap-cakap dengan media boneka jari dalam berpendapat dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak pada kelompok A TK Islam Masjid Jami Teluk Dalam Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI