DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DALAM MEMPRAKTEKKAN GERAKAN BERIBADAH (SHALAT) DENGAN URUTAN YANG BENAR MELALUI VARIASI METODE DEMONSTRASI METODE SIMULASI DAN MODEL TALKING STICK PADA KELOMPOK B TK ISLAM MASJID JAMI TELUK DALAM BANJARMASIN
PENGARANG:FITRI EFRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-23


ABSTRAK

 

Efriani, Fitri. 2020. “Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama Dan Moral Anak Dalam Mempraktekkan Gerakan Beribadah (Shalat) Dengan Urutan Yang Benar Melalui Variasi Metode Demonstrasi Metode Simulasi Dan Model Talking Stick Pada Kelompok B Tk Islam Masjid Jami Teluk Dalam Banjarmasin”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM. Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci : Nilai Agama dan Moral, Praktek Gerakan Shalat dengan urutan yang benar, Metode Demonstrasi Metode Simulasi Dan Model Talking Stick .

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan aspek nilai agama dan moral anak terutama dalam mempraktekkan gerakan beribadah (shalat) dengan urutan yang benar yang masih belum berkembang. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakan variasi metode demonstrasi, metode simulasi, dan model talking stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan capaian pengembangan kemampuan nilai agama dan moral anak khususnya dalam mempraktekkan gerakan beribadah (shalat) dengan urutan yang benar.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 siklus. Penelitian ini dilakukan di TK Islam Masjid Jami Teluk Dalam Banjarmasin pada kelompok B yang berjumlah 22 orang anak. Objek penelitian ini adalah pengembangan kemampuan nilai agama dan moral anak dalam mempraktekkan gerakan beribadah (shalat) dengan urutan yang benar. Analisis data dari aktivitas guru mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak secara rata-rata kelas mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “sangat aktif”, dan hasil pengembangan kemampuan nilai agama dan moral anak minimal mendapat  dengan kategori “berkembang sesuai harapan”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kategori sangat baik. Aktivitas anak memperoleh kategori sangat aktif. Hasil pengembangan kemampuan nilai agama dan moral anak memperoleh kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB).

Kesimpulan penelitian ini adalah menggunakan variasi metode demonstrasi, metode simulasi dan model talking stick dalam mempraktekkan gerakan ibadah (shalat) dengan urutan yang tepat dapat mengembangkan kemampuan nilai agama dan moral anak pada kelompok B TK Islam Masjid Jami Teluk Dalam Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI