DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Poskolonial dalam novel cantik itu luka karya eka kurniawan
PENGARANG:fitriadin
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-23


Fitriadin. 2020. Poskolonial dalam Novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan.Tesis, Program Studi Magister Bahasa Indonesia. Universitas Lambung  Banjarmasin. Pembimbing (1) Dr. H. Moh. Fatah Yasin, M.Pd. dan Pembimbing (2) Dr.Rusma Noortyani, M.Pd.

ABSTRAK

 

Kajian poskolonial dalam karya sastra sebelumnya pernah dilakukan oleh beberapa orang.Pembahasan pada kajian poskolonial juga beragam. referensi penelitian terdahulu peneliti mengambil tiga penelitian yang dianggap relevan dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk poskolonial resistensi pribumi terhadap penjajah dalam novel Cantik itu luka karya Eka Kurniawan. Untuk mendeskripsikan makna perlawanan kaum pribumi dalam melawan kaum kolonial dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan.

  Penelitian memfokuskan pertama mengenai bentuk perlawanan yang ditampilkan dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan  terhadap wacana dominan kolonialisme Belanda, kedua bagaimana wacana dominan kolonialisme Belanda tersebut diproduksi dan dipraktikkan di Indonesia, dan terakhir mengenai transformasi wacana tersebut pada masa ketika Indonesia telah merdeka. Untuk mempermudah analisis menggunakan metode analisis isi, tahap pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti membaca secara cermat dan berulang kali kemudian menuliskan makna poskolonial yang terkandung dalam cerita tersebut. Tekhnik analisis data menggunakan metode pembacaan heuristik yang merupakan cara kerja dilakukan oleh pembaca dengan menginterpretasikan teks sastra secara referensial.

Hasil penelitian menunjukkan Bentuk poskolonial penjajah dalam novel Cantik itu luka karya Eka Kurniawan diketahui bahwa Tokoh dalam novel tidak ingin mempertahankan tradisi barat dan diskriminasi pemerintah kolonial Belanda yang memberi batas pribumi dan Belanda dalam memperoleh kebebasan dalam kehidupan mereka. Bentuk resistensi paling dominan dalam novel novel Cantik Itu Lukakarya Eka Kurniawan yaitu dari bentuk pemberontakan yang dilakukan oleh tokoh dalam memerdekakan dirinya dari penjajah masa pendudukan Belanda dan Jepang dari segi pemikiran dan budaya yang telah dibawa oleh bangsa barat sebagai penjajah. 

 Makna dari perlawanan kaum pribumi dalam melawan kaum kolonial dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan yaitu  Reaksi rakyat pribumi saat itu beragam melawan dari ketidakadilan dan ketertindasan dari kaum penjajah. Makna dominan perlawanan dalam dalam novel novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan yaitu Poskolonialisme juga tidak hanya terbatas pada upaya perlawanan terhadap pencarian kemerdekaan sebuah negara maupun perlawanan terhadap dominasi kolonialisme dan warisan-warisannya.

 

Kata kunci: Perlawanan, Poskolonial, Novel

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI