DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Resepsi Peserta Didik Kelas XI SMAN 4 Banjarmasin Tahun Ajaran 2019/2020 terhadap Novel “Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin” Karya Tere Liye
PENGARANG:Akhmad Aulia Wardana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-23


 

ABSTRAK

 

 

 

Wardana, Akhmad Aulia. 2020. Resepsi Peserta Didik Kelas XI SMAN 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2019/2020 Terhadap Novel “Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin” Karya Tere Liye: Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana. ULM. Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. H. Zulkifli, M.Pd,; (II) Dr. Maria Lusia Anita Sumaryati, M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci: resepsi peserta didik, unsur pembangun, nilai pendidikan karakter, novel

 

 

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan resepsi peserta didik kelas XI SMAN 4 Banjarmasin terhadap unsur pembangun dan nilai pendidikan karakter dalam novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis teori Miles dan Huberman, yaitu menetapkan kriteria analisis, mengumpulkan data yang sesuai kriteria analisis, mereduksi data yang tidak sesuai dengan kriteria analisis sampai titik jenuh, menyajikan data yang terkumpul dalam bentuk tabel, menafsirkan hubungan antara data resepsi dan menyimpulkan hasil penelitian. Data didapat dari angket resepsi peserta didik terhadap unsur pembangun dan nilai pendidikan karakter dalam novel. Dari pembahasan tesis ini dapat disimpulkan bahwa: (1) resepsi peserta didik kelas XI SMAN 4 Banjarmasin terhadap unsur pembangun dalam novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karangan Tere Liye tercermin dari tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, bahasa, dan pesan menghasilkan resepsi yang berbeda-beda tergantung penilaian terbuka pembaca yang secara garis besar dapat dikatakan resepsi atau tanggapan pembaca yang mendekati unsur pembangun yang dikemukakan dan dikehendaki pengarang. Selanjutnya resepsi sastra ini dapat dijadikan sebagai media pengajaran dan menginternalisasi nilai-nilai pembangun yang ada dalam novel. (2) Resepsi peserta didik kelas XI SMAN 4 Banjarmasin terhadap nilai pendidikan karakter dalam  novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye bahwa sebagian besar peserta didik menyatakan ada kandungan nilai religius, nilai kejujuran, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri,  nilai rasa ingin tahu, nilai menghargai prestasi, nilai persahabatan, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab; dan tidak terdapat kandungan nilai religius, nilai demokratis, nilai semangat kebangsaan, dan nilai cinta tanah air.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI