DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERILAKU ALTRUISTIK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL BEKISAR MERAH KARYA AHMAD TOHARI
PENGARANG:BERBAHANA PANDU MAU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-23


 

ABSTRAK

 

 

 

Mau, Berbahana Pandu. 2020. Perilaku Altruistik Tokoh Utama dalam Novel Bekisar Merah karyaAhmad Tohari. Tesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Dr. H. Moh. Fatah Yasin, M. Pd. dan (2) Dr. Sainul Hermawan

 

 

 

Kata Kunci: perilaku, altruistik, tokoh utama, Bekisar Merah

 

 

 

Perilaku altruistik adalah suatu bentuk tingkah laku pertolongan yang tidak mementingkan diri sendiri demi kepentingan orang lain. Perilaku altruistik akan ditampilkan apabila salah seorang individu berinteraksi dengan individu lain. Perilaku ini juga dapat ditemukan dalam karya sastra fiksi (novel). Penyebabnya, rangkaian cerita novel merupakan tiruan kehidupan nyata di dalamnya menggambarkan tokoh-tokoh cerita yang memiliki perilaku dan saling berinteraksi seperti layaknya manusia dalam kehidupan nyata. NovelBekisar Merah merupakansketsasosialsekaligus aspek psikologistokoh cerita yangkuat, diwarnai interaksi antartokohyang dapat menghadirkan perilaku altruistik.

 

Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang perilaku altruistik tokoh utama dalam novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku altruistik tokoh utama dalam konteks norma sosial dan kekerabatan.

 

Analisis yang digunakan sebagai dasar dalam penelitian ini adalah psikologi sastra. Teori ini menitikberatkan pada pendekatan tekstual, yaitu pendekatan psikologi sastra yang membahas aspek psikologi tokoh dalam karya sastra. Teori ini digunakan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perilaku altruistik tokoh utama novel Bekisar Merah.

 

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku altruistik dalam novel Bekisar Merah terwakilkan dalam sosok Lasi sebagai poros penceritaan. Perilaku altruistik ini dibuktikan melalui tindakan tokoh Lasi dalam menolong tokoh lain secara murni, tulus, tanpa mengharapkan balasan (manfaat) apa pun untuk dirinya. Perilaku tersebut terwujud dalam bentuk perilaku altruistik dalam konteks norma sosial dan dalam konteks norma kekerabatan. Perilaku altruistik tokoh utama dalam konteks norma sosial hanya ditemukan empat aspek motivasi untuk menolong, yaitu:(1) adanya model, (2) adanya kehadiran orang lain, (3) menolong orang yang disukai, dan (4) adanya suasana hati. Perilaku altruistik tokoh utama dalam konteks norma kekerabatan ditemukan dalam tigamotivasi untuk menolong, yaitu (1)aspek perlindungan kerabat (kin altruism), (2) aspek biologik (biological altruism), dan (3) aspek orientasi seksual.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI