DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V/C SDN BASIRIH 1 BANJARMASIN
PENGARANG:YUNITA AYU LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-23


Lestari, Yunita Ayu 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika

Materi Pengumpulan dan Penyajian Data Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Team Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V/C SDN Basirih 1
Banjarmasin
. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Chairil Faif Pasani, M.Si

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Pengumpulan dan Penyajian Data, Group

        Investigation, Numbered Head Together, dan Team Games

       Tournament.

 

Permasalahan dalam penelitian ini yakni rendahya hasil belajar siswa yaitu secara klasikal 80% siswa yang mendapatkan nilai ≥60 (KKM). Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang tidak kontekstual, pembelajaran yang belum mendorong siswa untuk aktif dan untuk berpikir tingkat tinggi. Diperbaiki dengan menggunakan kombinasi modelGI, NHT, dan TGT. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran, meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi pengumpulan dan penyajian data menggunakan kombinasi modelGI, NHT, dan TGT.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metodologi penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga pertemuan. Setting penelitianyaitu siswa kelas V/C semester genap tahun ajaran 2019/2020 di SDN Basirih 1 Banjarmasin dengan jumlah siswa 34 orang yang terdiri dari 15 laki-laki dan 19 perempuan. Cara pengumpulan data melalui proses pengamatan selama penelitian berlangsung dan tes hasil belajar serta teknik analisis datanya berupa distribusi, frekuensi, persentase dan deskripsi.Instrumen data yang digunakan yaitu berupa format pengamatan aktivitas guru dan siswa serta butir-butir soal untuk evaluasi hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran telah berhasil terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal dalam mengikuti pembelajaran berhasil mencapai kriteria hampir seluruhnya aktif. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni ≥80% siswa mendapatkan nilai ≥60.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model GI, NHT, dan TGTdapat meningkatkan aktivitas da hasil belajar siswa serta hipotesis diterima. Disarankan agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi bagi penelitian selanjutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI