DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL PESERTA DIDIK KELAS VII-G SMP NEGERI 9 BANJARBARU
PENGARANG:NADHIA CLARA FEBRYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-24


ABSTRAK

 

Febryanti, Nadhia Clara. 2020. Kemampuan Menulis Teks Pada Peserta didik Kelas VII-G SMP Negeri 9 Banjarbaru. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing:   (1) Dr. Sabhan, M.Pd.; (II) Faradina, M.Pd.

Kata Kunci: kemampuan menulis, teks fabel, struktur teks fabel

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kemampuan menulis teks fabel peserta didik Kelas VII-G SMP Negeri 9 Banjarbaru. Teks fabel adalah teks yang berisi cerita yang tokohnya diperankan oleh binatang. Teks fabel ini memiliki struktur yang membangun teks sehingga pembaca dapat mengambil pesan moral dari cerita. Oleh karena itu, penelitian ini mendeskripsikan kemampuan menulis teks fabel berdasarkan strukturnya, yaitu orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda.

Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Hal tersebut karena kemampuan menulis teks fabel dideskripsikan dengan angka. Dari gambaran angka-angka tersebut, dapat diketahui kemampuan peserta didik dalam menulis struktur teks fabel. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata dalam teks fabel. Sumber data penelitian ini ialah hasil tes menulis teks fabel peserta didik kelas VII-G SMPN 9 Banjarbaru yang berjumlah 31 buah. Instrumen dalam penelitian ini ialah tes tertulis yang berupa penugasan untuk menulis teks fabel. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data berupa statistik- deskriptif.

Berdasarkan struktur teks fabel yang diteliti, kemampuan menulis teks fabel peserta didik berada pada klasifikasi sangat mampu. Hal ini karena peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 96,12. Klasifikasi dan skor rata-rata tersebut berasal dari nilai 100 diperoleh 26 (83,87%) peserta didik, dengan klasifikasi “sangat mampu” dan nilai 80 diperoleh 5 (16,12%) peserta didik, dengan klasifikasi “mampu”.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI