DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HUBUNGAN ANTARGARIS MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INTRUCTION KOMBINASI AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV A SDN SUNGAI LULUT 2 BANJARMASIN
PENGARANG:RIRIN ASTRINING PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-24


Putri, Ririn Astrining. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Hubungan Antargaris Menggunakan Model Explicit Intruction Kombinasi  Auditory Intelectually Repetition (AIR) dan Snowball Throwing Siswa Kelas IVA SDN Sungai Lulut 2 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru PraSekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Hubungan Antargaris, Explicit Intruction, Auditory Intelectually Repetition (AIR)  dan Snowball Throwing.      

 

Permasalahan penelitian ialah kurang hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran, pemahaman siswa kurang terhadap materi pembelajaran, siswa belum mampu berpikir krtitis, siswa kurang dalam berkomunikasi baik  dengan guru maupun sesama siswa, dan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga kurangnya minat siswa dalam belajar. Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Explicit Intruction kombinasi Auditory Intelectually Repetation (AIR)dan Snowball Throwing dengan tujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi hubungan antargaris di kelas IVA SDN Sungai Lulut 2 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas IVA semester genap SDN Sungai Lulut 2 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa sebanyak  20 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus I Pertemuan I mencapai kriteria baik, Silus II Pertemuan II mencapai kriteria sangat baik, dan Siklus III Pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada Siklus I Pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, Siklus II Pertemuan II mencapai kriteria aktif, dan Siklus III Pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada Siklus I Pertemuan I mencapai 40%, Siklus II Pertemuan II mencapai 75%, dan Siklus III Peretamuan III mencapai 90%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Explicit Intruction kombinasi Auditory Intelectually Repetation (AIR)dan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi hubungan antargaris di kelas IVA SDN Sungai Lulut 2 Banjarmasin. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI