DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perhitungan Biaya Riil pada Rehabilitasi Pasar Birayang Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah
PENGARANG:MOTHEA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-24


PERHITUNGAN BIAYA RIIL PADA REHABILITASI PASAR BIRAYANG KECAMATAN BATANG ALAI SELATAN

KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

Mothea Safitri, Candra Yuliana, S.T., M.T.

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Jl. A. Yani Km. 35,8 Kalimantan Selatan, Indonesia

Telp. (0511) 47738568-4781730 Fax.(0511) 4781730

Email : motheasafitri.ipa2@gmail.com

 

ABSTRAK

Pada umumnya biaya yang dikeluarkan dalam penyelesaian suatu proyek (biaya riil) tidak sama persis dengan biaya rencana yang tercantum dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB). Hal ini dikarenakan kondisi dilapangan yang bisa saja berubah dari perencanaan awal, seperti adanya perubahan harga material yang dapat berubah dan ketidaksesuaian kontraktor dalam mengikuti desain dan sewaktu-waktu bertambahnya biaya tak terduga. Selain faktor material, biaya pelaksanaan pun turut andil mempengaruhi biaya riil di lapangan.

Pengumpulan data perhitungan biaya riil meliputi pengumpulan data dilapangan data dari pihak perusahaan kemudian dilanjutkan pada tahap menganalisa biaya bahan yang digunakan, biaya upah pekerja serta biaya material terbuang sehingga didapatkan biaya riil suatu proyek.

            Pengerjaan rehabilitasi pasar yang dilakukan khususnya pada pekerjaan pondasi pasangan batu dan pekerjaan kolom 30cm x 30cm maka didapatkan biaya riil sebesar Rp. 160.618.990,- dengan rincian biaya untuk pekerjaan pondasi pasangan batu (Rp. 77.730.425,-) dan pekerjaan kolom 30cm x 30cm sebesar (Rp. 82.888.565,-) sehingga biaya riil lebih kecil dibandingkan rencana anggaran biaya yang ada.

 

Kata kunci: Riil, Perhitungan, Biaya, Upah, Sisa Material

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI