DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV DI SDN TELUK TIRAM 2 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | NADIA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-24 |
Nadia. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa
Matematika Materi Keliling dan Luas Persegi dengan Menggunakan
Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dikombinasikan dengan Number
Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing Siswa Kelas 4 Di SDN
Teluk Tiram 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung
Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph. D
Kata Kunci: Aktivitas, Motivasi, Hasil Belajar, Matematika, Inkuiri Terbimbing,
Numbered Heads Together, Snowball Throwing
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi keliling dan luas bangunan. Hal
ini disebabkan oleh siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa kurang
terlatih menggali informasi melauli pertanyaan, masih terpaku oleh arahan guru
dalam memecahkan masalah. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan
menggunakan model Inkuiri terbimbing Numbered Head Together dan Snowball
Throwing. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas
siswa, dan motivasi, serta menganalisis hasil belajar siswa tentang materi keliling dan
luas bangunan pada siswa kelas IV SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan setting
penelitian pada SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin. Subyek penelitian ini pada siswa
kelas IV yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 12 orang laki-laki dan 16 orang
perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data observasi aktivitas
guru dan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan. Teknik
analisis data kualitatif yaitu observasi aktivitas guru dan sisiwa. Indikator
keberhasilan penelitian ini yaitu aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”,
aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan ketuntasan belajar siswa secara
klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru
terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar
siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing Numbered Head
Together dan Snowball Throwing, sehingga dapat disarankan kepada guru untuk
dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran Matematika di
kelas IV untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI