DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV DI SDN TELUK TIRAM 2 BANJARMASIN
PENGARANG:NADIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-24


Nadia. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa 

Matematika Materi Keliling dan Luas Persegi dengan Menggunakan 

Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dikombinasikan dengan Number 

Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing Siswa Kelas 4 Di SDN

Teluk Tiram 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah 

Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung 

Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph. D

Kata Kunci: Aktivitas, Motivasi, Hasil Belajar, Matematika, Inkuiri Terbimbing, 

Numbered Heads Together, Snowball Throwing

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil 

belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi keliling dan luas bangunan. Hal 

ini disebabkan oleh siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa kurang 

terlatih menggali informasi melauli pertanyaan, masih terpaku oleh arahan guru 

dalam memecahkan masalah. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan 

menggunakan model Inkuiri terbimbing Numbered Head Together dan Snowball 

Throwing. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas 

siswa, dan motivasi, serta menganalisis hasil belajar siswa tentang materi keliling dan 

luas bangunan pada siswa kelas IV SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin.

Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan setting 

penelitian pada SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin. Subyek penelitian ini pada siswa 

kelas IV yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 12 orang laki-laki dan 16 orang 

perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data observasi aktivitas 

guru dan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan. Teknik 

analisis data kualitatif yaitu observasi aktivitas guru dan sisiwa. Indikator 

keberhasilan penelitian ini yaitu aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, 

aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan ketuntasan belajar siswa secara 

klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru 

terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar 

siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing Numbered Head 

Together dan Snowball Throwing, sehingga dapat disarankan kepada guru untuk 

dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran Matematika di 

kelas IV untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI