DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DENGAN MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), TALKING STICK DAN CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SDN MELAYU 6 BANJARMASIN
PENGARANG:SYIFA ANISSA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-24


                                                                            ABSTRAK

 

Anissa, Syifa. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku dengan Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Talking Stick dan Crossword Puzzle pada Siswa Kelas IV SDN Melayu 6 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dn Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S. H., M. Pd. 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar Siswa, Group Investigation (GI), Talking Stick dan Crossword Puzzle

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN Melayu 6 Banjarmasin. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilaksanakan bersifat satu arah (teacher centre), pada proses belajar siswa kurang menguasai konsep materi dengan baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Talking Stick dan Crossword Puzzle. 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan pada empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 30 orang semester genap SDN Melayu 6 Banjarmasin tahun pembelajaran 2019/2020. 

Aktivitas guru pada pertemuan I mencapai 38% dengan kriteria kurang baik, pertemuan II mencapai 58% kriteria  cukup baik, pertemuan III mencapai 73% kriteria baik dan pertemuan IV mencapai 98% kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 27% kriteria kurang aktif, pada pertemuan II  mencapai 63% kriteria cukup aktif dan III mencapai 70% kriteria aktif, dan pada pertemuan terakhir IV mencapai 83% kriteria sangat aktif. Pada pertemuan I ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 40%, Pada pertemuan II ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 63%, Pada pertemuan III ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 70%, Pada pertemuan IV ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 93%.

Penelitian ini disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Kombinasi Model Group Investigation (GI), Talking Stick dan Crossword Puzzle, dikatakan meningkat jika aktivitas guru dapat mencapai indikator keberhasilan sangat baik dan aktivitas siswa dikatakan berhasil jika mencapai kriteria sangat aktif. Sedangkan pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individual maupun klasikal. Disarankan kepada guru-guru dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa agar dapat menerapkan kombinasi model Group Investigation (GI), Talking Stick dan Crossword Puzzle sebagai salah satu alternatif model yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI