DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI KERUGIAN EKONOMI LINGKUNGAN AKIBAT KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN GAMBUT DI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:GEMA AJI RIMBAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-25


Gema Aji Rimbawan (2020). Nilai Kerugian Ekonomi Lingkungan Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut di Kota Banjarbaru. Pembimbing: Dr. Ir. H. M. Anshar Nur, MM.

            Penelitian ini dilakukan untuk (1) Mengestimasi nilai kerugian ekonomi lingkungan akibat kebakaran hutan dan lahan gambut di Kota Banjarbaru; (2) Mengkaji upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan gambut di Kota Banjarbaru.

            Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu total economic value (TEV). Variabel yang digunakan yaitu nilai kerusakan keanekaragaman hayati, nilai pelepasan karbon, nilai hilangnya unsur hara dan nilai pengaturan tata air. Jenis data merupakan data sekunder berupa time series antara tahun 2015-2019 dan didukung pula dengan data primer mengenai upaya pencegahan.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa total nilai kerugian ekonomi lingkungan akibat kebakaran hutan dan lahan gambut di Kota Banjarbaru pada tahun 2018 mencapai Rp 6.214.204.337 dan pada tahun 2019 mencapai Rp 6.904.137.285. Terjadinya kebakaran ini sangat berdampak terhadap kerusakan lingkungan. Adapun upaya pencegahan yang telah dilakukan yaitu rapat koordinasi terpadu, melakukan pemetaan wilayah rawan kebakaran, sosialisasi langsung kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan cara penanggulangan sementara, dan pemasangan himbauan kebakaran hutan melalui media massa.

Kata Kunci: kebakaran hutan dan lahan gambut, valuasi ekonomi, ekonomi lingkungan, kerusakan lingkungan, Banjarbaru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI