DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVTAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI LULUT 2 BANJARMASIN
PENGARANG:YURTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-25


ABSTRAK

Yurti.  2020.“Mengkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Dan Gerak Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa kelas IV SDN Sungai Lulut 2 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Chairil Faif Pasani, M.Si

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Gaya dan Gerak, Group Investigation (GI), Numbered  Head Together (NHT), dan Teams Games Tournament (TGT).

 

Permasalahan penelitian yaitu rendahnya hasil belajar dengan ketuntasan 50% dengan KKM 60 materi gaya dan gerak kelas  IV SDN Sungai Lulut 2 Banjarmasin. Karena pembelajaran belum meaktifkan proses penemuan berpikir ilmiah. Lalu diperbaiki dengan harapan siswa berpikir sesuai dengan hakikat pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa,dan hasil belajar siswa.

Metode pendekatan kualitatif dengan jenis PTK. Setting penelitian kelas IV semester genap 2019/2020 SDN Sungai Lulut 2 Banjarmasin yang berjumlah 20 siswa. Instrumen butir pengamatan aktivitas guru dan anak.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa terlaksana kategori hampir seluruh siswa sangat aktif dan hasil belajar meningkat.

Berdasarkan hasil penelitian menggunakan kombinasi model Group Investigation, Numbered Head Together, dan Teams Games Tournament pembelajaran IPA materi gaya dan gerakmeningkat.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI