DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pembelajaran Menulis Puisi Rakyat dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Pada Peserta Didik Kelas VII-H SMP Negeri 9 Banjarmasin Tahun Ajaran 2019/2020
PENGARANG:FERMANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-27


ABSTRAK

Fermansyah. 2020. Pembelajaran Menulis Puisi Rakyat dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Peserta Didik Kelas VII-H SMP Negeri 9 Banjarmasin Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Maria Lusia Anita Sumaryati, M.Pd. (II) Dr. Zakiah Agus Kusasi, M.Pd.

Kata kunci: media audio visual

Media pembelajaran adalah semua alat atau benda yang digunakan guru dalam proses pembelajaran dalam membantu menyampaikan materi pembelajaran antara guru dengan peserta didik agar proses interaksi pembelajaran tersebut dapat berlangsung dengan efektif dan efisien. Media pembelajaran memegang peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran sehingga media bukan hanya membuat proses pembelajaran lebih efisien, tetapi juga membantu peserta didik menyerap materi pembelajaran lebih mendalam agar dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran menulis puisi rakyat dengan menggunakan media audio visual pada peserta didik kelas VII-H SMP Negeri 9 Banjarmasin tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data didapatkan melalui pelaksanaan pembelajaran menulis puisi rakyat dan data didapatkan melalui media audio visual yang digunakan dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pembelajaran menulis puisi rakyat pada peserta didik kelas VII-H SMP Negeri 9 Banjarmasin tahun ajaran 2019/2020 menunjukkan dalam pembelajaran menulis puisi rakyat guru menggunakan media audio visual berupa video, peserta didik termotivasi dan terpancing untuk bertanya dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi pembelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran lebih efektif dan efisien. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya hasil belajar peserta didik yang mencapai 91% di atas KKM. Dengan demikian, tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh guru yang tertulis dalam RPP dapat dicapai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI