DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN KOMUNIKASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KUPAS KAPAS DI KELAS IVC SDN SUNGAI ANDAI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:MAYDHA ISYE NABELLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-27


ABSTRAK

Nabella, Maydha Isye. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Komunikasi, dan Hasil Belajar Siswa Muatan Matematika Materi Penyajian Data Menggunakan Model Pembelajaran KUPAS KAPASdi KelasIV C SDN Sungai Andai 4 Banjarmasin.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D.

 

Kata-kata kunci: Aktivitas, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar, Model KUPAS KAPAS.

Permasalahan yang terjadi di SDN Sungai Andai 4 Banjarmasin pada siswa kelas IV adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Penyajian Data. Penyebabnya adalah pembelajaran kurang menarik dan kurang menyenangkan  serta pembelajaran bersifat satu arah. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, yaitu menggunakan modelKUPAS KAPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas siswa, keterampilan komunikasi dan peningkatan hasil belajar siswa materi usaha penyajian data pada siswa kelas IV SDN Sungai Andai 4 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Sungai Andai 4 Banjarmasin tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dianggap berhasil dengan kriteria sangat baik, untuk aktivitas siswa secara klasikal tergolong kedalam kategori sangat aktif, hasil keterampilan siswa memperoleh kategori sangat baik dan untuk hasil belajar siswa secara klasikal juga telah terjadi peningkatan ketuntasan.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran KUPAS KAPASdapat meningkatkan aktivitas, keterampilan komunikasi, dan hasil belajar siswa. Maka disarankan kepada guru agar modelpembelajaran tersebut bisa dijadikan alternatif dalam prosespembelajaran yangdilaksanakan di sekolah untuk meningkatkan aktivitas, keterampilan komunikasi, dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI