DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBEDAAN WAKTU REAKSI SISWA SMPN 26 BANJARMASIN YANG DIBERI PERMEN KARET DAN AROMATERAPI
PENGARANG:Ryan Anggita Nugroho
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-01


Remaja usia sekolah dapat cenderung mengalami stres. Akibat dari stres ini, remaja akan sulit berkonsentrasi dan mengganggu pembelajaran. Konsentrasi merupakan salah satu faktor yang dapat membawa keberhasilan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan waktu reaksi sebagai indikatornya. Pemberian permen karet dan aromaterapi dapat memengaruhi tingkat konsentrasi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan waktu reaksi siswa SMPN 26 Banjarmasin yang diberi permen karet dan aromaterapi. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan pretest-posttest design. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Sampel dikelompokkan menjadi kelompok perlakuan mengunyah permen karet dan menghirup aromaterapi dengan banyak sampel sebanyak 15 orang untuk masing-masing kelompok. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII dan VIII SMPN 26 Banjarmasin. Penelitian ini mengukur waktu reaksi menggunakan program Kosinki’s time reaction software jenis symbol recognition. Pengukuran waktu reaksi dilakukan sebelum dan sesudah sampel diberi perlakuan. Hasil uji t tidak berpasangan menunjukkan tidak terdapat perbedaan waktu reaksi bermakna antara kedua kelompok perlakuan dengan P = 0,617. Penelitian terdahulu menyebutkan bahwa permen karet dan aromaterapi dapat memperpendek waktu reaksi. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara penggunaan permen karet dan aromaterapi untuk meningkatkan konsentrasi.
Kata kunci: Permen karet, aromaterapi, waktu reaksi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI