DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MATERI KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, PROBING PROMPTING, SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SDN KELAYAN TIMUR 11 BANJARMASIN
PENGARANG:AYU NINGRUM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-27


ABSTRAK

 

Ningrum, Ayu. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Materi Kegiatan Ekonomi Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Probing Prompting, Snowball Throwing Di Kelas IV SDN Kelayan Timur 11 Banjarmasin”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si.

 

Kata Kunci: Tema 8, Daerah Tempat Tinggalku, Group Investigation, Probing Prompting, Snowball Throwing

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Hal ini di karenakan Rendahnya aktivitas belajar siswa, kurangnya rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat di dalam proses belajar, kurangnya minat belajar siswa di dalam kelas. Permasalahan inilah yang mengakibatkan nilai hasil belajar siswa berada di bawah KKM yang telah ditentukan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti menggunakan model pembelajaran Group Investigation, Probing Prompting, Snowball Throwing yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diterapkan dalam 2 siklus 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kelayan Timur 11 Banjarmasin tahun 2019/2020, yang berjumlah 8 siswa laki – laki dan 15 siswa perempuan. Data penelitian di dapat melalui data kualitatif dari instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktiivtas siswa, data kuantitatif berupa tes tertulis. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai skor 42 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa mencapai skor 78 dengan kategori sangat aktif, ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥65.

Aktivitas guru pada Siklus I mencapai skor 31 dengan kriteria Baik meningkat di Siklus II mencapai skor 42 dengan kriteria Sangat  Baik. Aktivitas siswa secara klasikal Siklus I 57% meningkat pada Siklus II menjadi 81%. Serta hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 48%  pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 70% pada pertemuan 2.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation, Probing Prompting, Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI