DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN IPA PADA MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL SAINS BALL (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) Kombinasi Dengan Inkuiri Dan Snowball Throwing) PADA SISWA KELAS V SDN KELAYAN TIMUR 11 BANJARMASIN
PENGARANG:DEWI APRILIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-27


ABSTRAK

 

Aprilianti, Dewi. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita muatan IPA pada materi Siklus Air menggunakan kombinasi model SAINS BALL (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (Savi) kombinasi dengan Inkuiri dan Snowball Throwing) pada Siswa Kelas V SDN Kelayan Timur 11 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar Siswa, Model SAINS BALL (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), Inkuiri, Snowball Throwing.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran bersifat satu arah, siswa belum terlatih dalam menggali informasi, rendahnya aktivitas belajar siswa, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dengan KKM yang ditetapkan yaitu KKM ≥65. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa muatan IPA pada kelas V SDN Kelayan Timur 11 Banjarmasin peneliti menggunakan model SAINS BALL (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dikombinasi dengan Inkuiri  dan Snowball Throwing), dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN Kelayan Timur 11 Banjarmasin yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan pada semester II tahun 2019/2020. Data kualitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data dapat dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan I sampai pertemuan IV meningkat. Pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria sangat baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I kognitif 12%, afektif 24%, psikomotorik 24%, pertemuan II kognitif 35%, afektif 47%, psikomotorik 41%, pertemuan III kognitif 82%, afektif 65%, psikomotorik 53%, dan pertemuan IV kognitif 94%, afektif 88%, psikomotorik 82%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model SAINS BALL (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dikombinasi dengan Inkuiri  dan Snowball Throwing) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Siklus Air di kelas V SDN Kelayan Timur 11 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI