DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKn TEMA 7 MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL JIGSAW, PROBLEM SOLVING DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:NORAIDA FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-27


 

ABSTRAK

 

Fitri, Noraida. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Tema 7 Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Problem Solving Dan Course Review Horay (CRH) Kelas IV SDN Sungai Miai 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Ali Rachman, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Kombinasi Model Jigsaw, Problem Solving dan Course Review Horay.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya antusias siswa dalam mengemukakan pendapat dan pembelajaran bersifat satu arah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Sungai Miai 1 Banjarmasin Muatan Pendidikan Kewarganegaraan Tema 7. Hal ini disebabkan model yang digunakan terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas belajar yaitu melalui kombinasi model Jigsaw, Numbered Heads Together dan Course Review Horay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genapSDN Sungai Miai 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan descriptive analysis dan cross tabulation analysis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif dan pertemuan III mencapai kritria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 42%, pertemuan II mencapai 69% dan pertemuan III mencapai 92%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Jigsaw, Problem Solving dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa muatan PPKn tema 7 di kelas IV SDN Sungai Miai 1 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada muatan PPKn tema 7.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Jigsaw, Problem Solving dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa muatan PPKn tema 7 di kelas IV SDN Sungai Miai 1 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada muatan PPKn tema 7.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI