DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RITA LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-27


Lestari, Rita. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Menggunakan Kombinasi Model Pembeljaran Inkuiri Terbimbing Numbered Head Together (NHT) dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Miai 1 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Pembimbing Dr. Chairil Faif Pasani, M.Si.

Kata kunci: Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together, Snowball Throwing, Kayaknya Negeriku.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnyaa hasil belajar siswa, disebabkan siswa belum menunjukkan partisipasi aktif, pembelajaran tanpa didukung melakukan percobaan, pembelajaran arahnya abstrak. Pembelajaran tidak mengaktifkan siswa untuk berpikir ilmiah dan penemuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Serta data kuantitatif yang diperoleh melalui teknik pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis siswa. Aktivitas guru dikatakan berhasil jika terlaksana dengan katagori “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai katagori “Sangat Aktif”.Hasil belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥65 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥65.

Hasil Penelititian menunjukkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan kategori “Sangat baik” pada pertemuan 3. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan kategori “sangat aktif”. Hasil belajar pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal 70%, pada pertemuan 2 mencapai ketuntasan 85% kemudian meningkat menjadi 90% pada pertemuan 3.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI