DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN IPA MATERI SUMBER ENERGI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY ( SAVI), DAN TALKING STICK DI KELAS IV SDN SUNGAI JINGAH 1
PENGARANG:RUSDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-27


Rusdiana (2020). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Kayanya Negeriku Muatan IPA Materi Sumber Energi Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI), Dan Talking Stick Pada Kelas IV Di SDN Sungai Jingah 1. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Dr. H. Metroyadi SH., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Group Investigation (GI), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI), Dan Talking Stick.

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema Kayanya Negeriku Kelas IV SDN Sungai Jingah 1. Penyebab rendahnya aktivitas belajar karena pembelajaran yang kurang menarik, siswa cepat bosan, kurangnya rasa percaya diri, dan tidak berani mengemukakan pendapat sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan melalui kombinasi model Group Investigation (GI), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI), Dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, dan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Sungai Jingah 1 tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 19 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara berkelompok dan individu.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) aktivitas guru dikatakan berhasil dengan kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa 85% aktif dan sangat aktif; dan (3) hasil belajar dikatakan berhasil jika secara individual siswa mencapai nilai ≥ 60.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik meningkat pada pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I kriteria aktif dan sangat aktif 42% meningkat pada pertemuan IV mencapai 100%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mendapat 47% dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 95%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi Group Investigation (GI), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI), Dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan belajar siswa serta hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI