DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BERKAITAN DENGAN MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN MODEL GASPOL (Grouping, Alami konsep dasar, Superitem dalam Permainan dengan media Objek Langsung) PADA SISWA KELAS VB SDN KELAYAN SELATAN 10 BANJARMASIN
PENGARANG:NURUL HIKMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-27


Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa dan rendahnya hasil belajar siswa di kelas VB SDN Kelayan Selatan yang disebabkan  oleh  siswa belum menunjukkan partisipasi aktif, sulit dalam berpikir ilmiah, serta kurangnya kemampuan berimajinasi siswa. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui aktivitas  guru,  aktivitas  siswa,  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada materi volume kubus dan balok menggunakan model GASPOL (Grouping, Alami konsep dasar, Superitem dalam Permainan dengan media Objek Langsung).

Metodologi penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian yakni siswa kelas VB semester genap tahun ajaran 2019/2020 di SDN Kelayan Selatan 10. Instrumen data yang digunakan yaitu berupa pengamatan aktivitas guru dan siswa serta butir-butir soal untuk evaluasi hasil belajar siswa. Cara pengumpulan data melalui observasi selama proses pembelajaran dan teknik analisis datanya berupa distribusi, frekuensi, persentase dan deskripsi.

Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan katagori “Sangat Baik” pada pertemuan 3.  Aktivitas siswa mengalami  peningkatan dengan kategori “Sangat Aktif” pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal 60%, kemudian meningkat menjadi 85% pada siklus 2.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model GASPOL (Grouping, Alami konsep dasar, Superitem dalam Permainan dengan media Objek Langsung)dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Disarankan kepada guru agar menjadikan hasil penelitian sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok menggunakan model pembelajaran Model GASPOL (Grouping, Alami konsep dasar, Superitem dalam Permainan dengan media Objek Langsung).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI