DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL TOP SHARING PADA SISWA KELAS V SDN PEMURUS DALAM 4 BANJARMASIN
PENGARANG:ELIENA DEWI IKSANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-27


ABSTRAK

Iksanti, Eliena Dewi. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi    Perkalian Dan Pembagian Berbagai Bentuk Pecahan Menggunakan Model Top Sharing Pada Siswa Kelas V Sdn Pemurus Dalam 4 Banjarmasin”.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Perkalian dan Pembagian, Bentuk Pecahan, The Power of Two, Think Pair Share dan Student Facilitator and Explaining

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang menguasai konsep perkalian dan pembagian.Hal ini dikarenakan siswa kurang memahami materi, kurang berminat dalam mempelajari materi tersebut, kurang kreatif, pengalaman siswa kurang dalam menemukan alternatif penyelesaian masalah, serta siswa kurang terlibat aktif sehingga mengakibatkan siswa mendapat nilai yang rendah. Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan ini maka digunakanlah model pembelajaranThe Power of Two kombinasi dengan Think Pair Share dan  Student Facilitator and Explainingpada proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam empat pertemuan, dengan setting penelitian adalah siswa kelas V SDN Pemurus Dalam 4 Banjarmasin, tahun 2019/2020 semester 2 dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik pengambilan data menggunakan observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dan tes tertulis untukhasil belajar siswa. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila berada pada kategori “Sangat Baik”, dan aktivitas siswa secara klasikal berada pada kategori “Sangat Aktif”, siswa dianggap tuntas secara klasikal mancapai ≥82% dari keseluruhan siswa yang mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru berhasil dengan kategori “Sangat Baik”, aktivitas siswa juga dinyatakan berhasil dengan kategori “Sangat Aktif” dengan persentase 96% siswa berada pada kategori “Aktif” dan “Sangat Aktif” dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal dinyatakan berhasil dengan persentase 96% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥70.

 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model The Power of Two kombinasi dengan Think Pair Share dan  Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar siswa, sehingga dapat disarankan untuk guru menggunakan ketiga model ini dalam pembelajaran di kelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI