DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SD MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CIRC, GI DAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU
PENGARANG:PURWASIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-27


ABSTRAK

 

Purwasih. 2020. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SD Menggunakan Kombinasi Model CIRC, GI dan Talking Stick dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Tema Daerah Tempat Tinggalku”. Skripsi Program S1 Pendiikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Aminuddin Prahatama Putra.

 

Tujuan dari penelitian ini untuk mengoptimalkan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Basirih 2 Banjarmasin. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yaitu dengan kombinasi model CIRC, GI dan Taliking Stick. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus ada 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksankan di kelas IV SDN Basirih 2 Banjarmasin dengan jumlah siswa 33 orang yaitu, 12 orang siswa dan 21 orang siswi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kulitatif dan kuantitatif. Pengambilan data kualitatif diperoleh melalui teknik observasi dari aktivitas guru dan aktivitas siswa dan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa dengan tes akhir disetiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukan terlaksananya aktivitas guru dari pertemuan 1 dengan perolehan skor 16 dan terjadi peningkatan 23 pada pertemuan 4. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal  45% dan terjadi peningkatan ketuntasan klasikal menjadi 91% pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal mencapai 33% dan terjadi peningkatan pada pertemuan 4 menjadi 91% ketuntasan klasikal.  Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran  CIRC, GI, dan Taliking Stick  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sehingga disarankan menggunakan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci     : Membaca, CIRC, GI, Taliking Stick

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI