DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DI KELAS V SDN ALALAK TENGAH 1 BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:RIKA RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-28


ABSTRAK

Rahayu, Rika. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing,, Numbered Heads Together (NHT) dan Two Stay Two Stray (TSTS) Di Kelas V SDN Alalak Tengah 1Banjarmasin Utara. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

 

Kata Kunci : Hasil Belajar,Kayanya Negeriku, Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together Dan Two Stay Two Stray.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah Siswa kesulitan dalam menyerap materi bangun ruang, Siswa masih kurang memahami dan susah dalam mengingat materi pembelajaran dan Siswa merasa bosan dan tidak aktif saat proses  pembelajaran yang monoton berlangsung. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan Kombinasi Inkuiri Terbimbing,Numbered Heads Together Dan Two Stay Two Stray.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat siklus.  Setting penelitian dilakukan di SDN Alalak Tengah 1 di kelas V tahun ajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan pada pelajaran Matematika. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang terdiri dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Analisis data dihitung indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together Dan Two Stay Two Stray,dapat diketahui aktivitas guru dari siklus I dengan skor 75, siklus II dengan skor 79, siklus III dengan Skor 88.8, dan siklus IV mendapat skor 97.22. Aktivitas siswa siklus I dengan skor 52.28, siklus II dengan skor 72.76, siklus III dengan skor 77.78 dan siklus IV dengan skor 96.77. Hasil belajar siswa mencapai indikator  keberhasilan yang diharapkan, pada aspek kognitif siklus I mencapai 57.14%, siklus II mencapai 76.19, siklus III mencapai 90.48 dan siklus IV mencapai 100%. Pada aspek afektif siklus I mencapai 76.19%, siklus II mencapai 85.71, siklus III mencapai 95.24 dan siklus IV mencapai 100%. Pada aspek psikomotorik siklus I mencapai 71.43%, siklus II mencapai 80.95, siklus III mencapai 90.48 dan siklus IV mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together dan Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi ini dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interkasi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI