DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK DENGAN MODEL KOMBINASI INKUIRI TERBIMBING, TWO STAY TWO STRAY ( TSTS) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER DIKELAS IV SDN ANJIR SERAPAT LAMA
PENGARANG:LISNA MAWARNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-28


ABSTRAK

Mawarni Lisna. 2020. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan Ipa Materi  Gaya dan Gerak Dengan Model Kombinasi Inkuiri Terbimbing, Two Stay Two Stray (TSTS) dan Numbered Heads Together (NHT)  di Kelas IV SDN Anjir Serapat Lama. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah , ST .,M.Pd.

Kata Kunci:Aktivitas  Belajar, Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Two Stay Two Stray dan Numbered Heads Together

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Karena siswa masih belum terlatih dalam menggali informasi melalui pertanyaan, hanya mengandalkan informasi yang tersedia di buku dan menunggu arahan dari guru dalam memecahkan masalah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Anjir Serapat Lama muatan IPA. Salah satu upaya meningkatkan Hasil Belajar siswa yaitu melalui kombinasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Two Stay Two Stray dan Numbered Heads Together. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Anjir Serapat Lama tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa sebanyak  25 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung serta hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis diakhir pembelajaran

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 24 hingga 31. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 56% sampai 92% .Hasil belajar aspek kognitif dari 56% hingga 96%. Hasil belajar afektif pada pertemuan 1 sampai 4 terjadi peningkatan dari 52% hingga 92%. Hasil belajar psikomotorik pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat 56% hingga 96% secara klasifikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Two Stay Two Stray dan Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Muatan IPA pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV SDN Anjir Serapat Lama dan hipotesis dapat diterima. Disarankan model tersebut untuk menunjang jalannya pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih efektif, inovatif, dan kreatif

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI