DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MIND MAPPING, NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN ALALAK SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:AMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-28


ABSTRAK

Amelia. 2020.  Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Mind Mapping, Numbered Heads Together dan Talking Stick pada Siswa Kelas V Sdn Alalak Selatan 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

Kata Kunci: Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar , Menggunakan kombinasi model Mind Mapping, Numbered Heads Together dan Talking Stick.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dimana pembelajaran yang dilaksanakan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran  dan pembelajaran sendiri terkesan hanya satu arah dan monoton, dan dalam pembelajaran kurang interaksi antar siswa dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Hal ini disebabkan karena metode dan model yang kurang bervariasi. Salah satu pemecahan masalahnya adalah menggunakkan model pmebelajaran yang membuat siswa aktif dan termotivasi dalam belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang cocok seperti pada penelitian kali ini yaitu dengan menggunakan kombinasi model Mind Mapping, Numbered Head Together dan Talking Stick.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan pada empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin tahun pembelajaran 2019/2020. Jenis data dalam penelitian ini kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I dan II mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan III mencapai kriteria Aktif dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria tidak aktif, pada pertemuan II mencapai kriteria kurang aktif, pada pertemuan ke III mencapai kriteria aktif, pada pertemuan terakhir IV mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan I ketuntasan hasil klasikal belajar siswa pada pertemuan I mencapai 29%, meningkat pada pertemuan ke II menjadi 50%, meningkat kembali pada pertemuan ke III yaitu mencapai 70%, dan kemudian meningkat kembali pada pertemuan ke IV menjadi 97%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Mind Mapping, Numbered Heads Together dan Talking Stick Dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPS tema 7  peristiwa dalam kehidupan di SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin pada aktivitas guru, siswa dan hasil belajar terlaksana dengan baik, sehingga hipotesis dapat diterima. Disarankan kombinasi model pembelajaran Model Mind Mapping, Numbered Heads Together dan Talking Stick dapat dijadikan salah satu pertimbangan dalam meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran IPS Tema 7 Peristiwa dalam kehidupan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI