DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL “BAIMAN” (BELAJAR BERKELOMPOK MENGIDENTIFIKASI MASALAH MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN PERMAINAN BOLA SALJU) PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 1 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | NORSORAYA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-28 |
SorayaNor. 2020. “Meningkatkan Aktivitas Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa
Muatan IPS Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Menggunakan
Model”BAIMAN” (Belajar Berkelompok Mengidentifikasi Masalah Melalui
Media Gambar Dengan Permainan Bola Salju) Pada Siswa Kelas IV SDN
Sungai Miai 1 BAnjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pra Sekolah
dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd.,
Ph.D
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Motivasi Dan Hasil Belajar, Picture And Picture
Group Investigation , Dan Snowball Throwing.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas motivasi dan
hasil belajar siswa yang disebabkan kurangnya antusias dalam belajar, kurangnya
minat, perhatian, ketekunan dan sikap. Mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa
terhadap pembelajaran yang berkaitan dengan materi, dan kurang terlibat aktif
melibatkan diri maupun kerja sama, Hal ini kurangnya motivasi serta keaktifan siswa
dalam kegiatan pembelajaran materi Keragaman Suku Bangsa di Indonesia. Upaya
untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu
menggunakan model “BAIMAN”.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas
siswa, aktivitas guru, motivasi dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitianTindakan Kelas (PTK), yang
dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Jenis data
dalam penelitian ini adalah data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru
dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis
secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif
analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan
persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I
memperoleh skor 20 kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan III menjadi 26
dengan kriteria kriteria “Sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh
30% dengan kriteria kurang aktif, dan pertemuan III mencapai 85% dengan kriteria
sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada pertemuan I mencapai
20%, dan meningkat pada pertemuan III mencapai 90%. Motivasi belajar siswa pada
pertemuan I memperoleh 20% dengan kriteria sangat rendah dan meningkat pada
pertemuan III memperoleh 85% dengan kriteria sangat tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prnggunaan model
“BAIMAN” kombinasi model Picture And Picture, Group Investigation, dan
Snowball Throwing. Dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi dan
hasil belajar siswa. Dengan demikian inovasi strategi pembelajaran serta hasil dalam
penelitian tindakan kelas ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru dalam
meningkatkan kualitas belajar mengajar serta sebagian bahan masukan dan informasi
bagi kepala sekolah dalam membina kemampuan guru dalam memilih model-model
pembelajaran dikelas sehingga kualitas pembelajaran meningkat.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI