DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL “BAIMAN” (BELAJAR BERKELOMPOK MENGIDENTIFIKASI MASALAH MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN PERMAINAN BOLA SALJU) PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:NORSORAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-28


SorayaNor. 2020. “Meningkatkan Aktivitas Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa

Muatan IPS Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Menggunakan

Model”BAIMAN” (Belajar Berkelompok Mengidentifikasi Masalah Melalui

Media Gambar Dengan Permainan Bola Salju) Pada Siswa Kelas IV SDN

Sungai Miai 1 BAnjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pra Sekolah

dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas

Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd.,

Ph.D

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Motivasi Dan Hasil Belajar, Picture And Picture

Group Investigation , Dan Snowball Throwing.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas motivasi dan

hasil belajar siswa yang disebabkan kurangnya antusias dalam belajar, kurangnya

minat, perhatian, ketekunan dan sikap. Mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa

terhadap pembelajaran yang berkaitan dengan materi, dan kurang terlibat aktif

melibatkan diri maupun kerja sama, Hal ini kurangnya motivasi serta keaktifan siswa

dalam kegiatan pembelajaran materi Keragaman Suku Bangsa di Indonesia. Upaya

untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu

menggunakan model “BAIMAN”.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas

siswa, aktivitas guru, motivasi dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan penelitianTindakan Kelas (PTK), yang

dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Jenis data

dalam penelitian ini adalah data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru

dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis

secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif

analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan

persentase. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I

memperoleh skor 20 kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan III menjadi 26

dengan kriteria kriteria “Sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh

30% dengan kriteria kurang aktif, dan pertemuan III mencapai 85% dengan kriteria

sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada pertemuan I mencapai

20%, dan meningkat pada pertemuan III mencapai 90%. Motivasi belajar siswa pada

pertemuan I memperoleh 20% dengan kriteria sangat rendah dan meningkat pada

pertemuan III memperoleh 85% dengan kriteria sangat tinggi.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prnggunaan model

“BAIMAN” kombinasi model Picture And Picture, Group Investigation, dan

Snowball Throwing. Dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi dan

hasil belajar siswa. Dengan demikian inovasi strategi pembelajaran serta hasil dalam

penelitian tindakan kelas ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru dalam

meningkatkan kualitas belajar mengajar serta sebagian bahan masukan dan informasi

bagi kepala sekolah dalam membina kemampuan guru dalam memilih model-model

pembelajaran dikelas sehingga kualitas pembelajaran meningkat. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI