DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA DALAM MENEMUKAN KALIMAT UTAMA SUATU PARAGRAF MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE, INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC), SCRAMBLE, DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SDN MELAYU 6 BANJARMASIN
PENGARANG:SARIPATUL MAHPUZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-28


ABSTRAK

Mahpuzah, Saripatul. 2020.Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa  Pada Muatan Bahasa Indonesia dalam Menemukan Kalimat Utama Suatu Paragraf Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading and Compotition (CIRC), Scramble dan Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V SDN Melayu 6 Banjarmasin. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Sunarno Basuki, Drs, M.Kes., AIFO.

 

Kata kunci:  Aktivitas dan Hasil Belajar, Kalimat Utama Paragraf, Model Cooperative, Integrated, Reading and Compotition (CIRC), Scramble dan Teams Games Tournament (TGT).

 

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Melayu 6 Banjarmasin pada mata pelajaran bahasa Indonesia mengenai membaca intensif untuk menemukan kalimat utama suatu paragraf. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan ini adalah penggunaan kombinasi model CIRC, Scramble danTGT dengan tujuan meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar.

Setting penelitian ini dilaksanakan di SDN Melayu 6 Banjarmasin pada semester II tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 orang siswa. Terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Penggalian data menggunakan cara observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar digali dengan tes tertulis di akhir pembelajaran tiap pertemuan. Indikator keberhasilan yaitu terlaksananya aktivitas guru apabila mencapai kriteria “sangat baik”, peningkatan aktivitas siswa apabila mencapai kategori “sangat aktif”, serta tercapainya ketuntasan belajar individual ≥ 70 dan secara ketuntasan klasikal apabila 80% dari jumlah siswa mencapai nilai ≥ 70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kombinasi model Cooperative, Integrated, Reading and Composition (CIRC), Scramble dan Teams Games Tournament (TGT) untuk aktivitas guru dinyatakan berhasil terlaksana dengan kategori “sangat baik”, aktivitas siswa dinyatakan berhasil dengan memperoleh kriteria “aktif” dan “sangat aktif”, dan hasil belajar siswa secara individu dan klasikal dinyatakan berhasil mengalami peningkatan.

Dari penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Cooperative, Integrated, Reading and Composition (CIRC), Scramble dan Teams Games Tournament (TGT) dapat memperbaiki aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Melayu 6 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI