DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAYANAN PROGRAM ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DALAM PERIZINAN USAHA DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:HOLIPAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-28


ABSTRAK

 

Holipah, 1610411620010, 2020, “Pelayanan Program Online Single Submission (OSS) dalam Perizinan Usaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarmasin”, Di Bawah Bimbingan Ibu Aulia.

 

Program Online Single Submission (OSS) merupakan program yang diciptakan untuk mempermudah pelaku usaha/investor dalam mendapatkan izin berusaha. Kebijakan ini diambil pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan perekomonian nasional melalui pertumbuhan dunia usaha yang selama ini mengeluhkan lambatnya proses pelayanan dalam waktu yang cepat. Sistem perizinan berbasis elektronik ini menjadi solusi bagi segala hambatan yang dikeluhkan oleh para pelaku usaha. Namun saat ini permasalahan yang terjadi pada penerapan pelaksanaan pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik Online Single Submission (OSS) yaitu masyarakat yang tidak terbiasa memakai cara online atau takut salah input data.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelayanan program Online Single Submission (OSS) dalam perizinan usaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin dan apa saja faktor yang mempengaruhi pelayanan program Online Single Submission (OSS) dalam perizinan usaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Adapun lokasi penelitian di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian ini adalah Pelayanan Program Online Single Submission dalam Perizinan Usaha di DPMPTSP Kota Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik berdasarkan elemen dukungan dan elemen kemampuan, akan tetapi elemen nilai masih belum bisa terpenuhi yakni masih kurangnya pemahaman pelaku usaha pada sistem dan tidak adanya gadget yang mendukung yang membuat pelaku usaha lebih memilih datang langsung dibanding melalui aplikasi. Adapun upaya yang dilakukan dalam menghadapi hambatan tersebut dengan cara pendampingan yaitu memberikan pelayanan baik dari segi proses maupun output serta melengkapi fasilitas pendukung seperti komputer kepada pelaku usaha untuk melakukan aktivasi OSS.

Kata Kunci : Pelayanan, Program OSS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI