DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR MELALUI KOMBINASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN ALALAK PADANG
PENGARANG:NUURAFIQ NABILLY MUKTI PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-28


Putra, Nuurafiq Nabilly Mukti. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar  Matematika Pada Materi Bangun Datar Melalui Kombinasi Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dan Team Game Tournament (TGT)  Pada Siswa Kelas IV SDN Alalak Padang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Chairil Faif Pasani, M.Si.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Bangun Datar, RME, TAI, dan TGT

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini yakni aktivitas belajar siswa yang tidak mengarah ke proses berpikir konkret, hierarki, dan inegratif di kelas IV SDN Alalak Padang yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dalam dua tahun terakhir dimana >40% siswa mendapatkan nilai dibawah 65 (KKM). Disebabkan proses pembelajaran yang tidak memfasilitasi siswa untuk berpikir konkret, tidak mendorong siswa untuk aktif, serta tidak mendorong siswa berpikir hierarki dan analisis.Tujuan penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan aktivitas  guru,  aktivitas  siswa,  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada materi Bangun Datar Melalui Kombinasi Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dan Team Game Tournament (TGT).

Metodologi penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian yakni siswa kelas IV semester genap tahun ajaran 2019/2020 di SDN Alalak Padang. Instrumen data yang digunakan yaitu berupa pengamatan aktivitas guru dan siswa serta butir-butir soal untuk evaluasi hasil belajar siswa. Cara pengumpulan data melalui observasi selama proses pembelajaran dan teknik analisis datanya berupa distribusi, frekuensi, persentase dan deskripsi.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan katagori  “ Sangat Baik”  pada pertemuan 2.  Aktivitas  siswa  mengalami  peningkatan  dengan kategori  “Sangat Aktif”  pada pertemuan 3. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal  58.82% ,pada pertemuan 2 mencapai ketuntasan  73.68% kemudian meningkat menjadi 86.67% pada pertemuan 3.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dan Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Disarankan kepada guru agar menjadikan hasil penelitian sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar menggunakan pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dan Team Game Tournament (TGT).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI