DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TEMA 8 MATERI JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT INDONESIA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL IMPROVE, MAKE A MATCH DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V SDN ALALAK TENGAH 3 BANJARMASIN
PENGARANG:NORLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-28


Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah siswa bersifat pasif, motivasi dan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS rendah dan juga kurangnya penguasaan siswa terhadap muatan IPS pada materi kegiatan ekonomi berdasarkan kondisi lingkungan dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan pada siswa kelas V SDN Alalak Tengah 3 Banjarmasin yang mengakibatkan hasil belajar siswa berada di bawah KKM. Penyebab dari masalah tersebut adalah siswa kurang dilibatkan secara aktif, model dan media kurang menarik dan pembelajaran berlangsung satu arah. Solusi dalam mengatasi masalah di atas  adalah melakukan pembelajaran menggunakan kombinasi model , Improve, Make a Match dan Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat indonesia pada siswa kelas V SDN Alalak Tengah 3 Banjarmasin menggunakan kombinasi model Improve, Make a Match dan Course Review Horay.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 pertemuan, dilaksanakan di kelas V SDN Alalak Tengah 3 Banjarmasin yang berjumlah 34 orang siswa. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi, serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% siswa mencapai KKM nilai ≥70.

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kombinasi model Improve, Make a Match dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi, dan hasil belajar siswa.

Disarankan kepada guru di SDN Alalak Tengah 3 Banjarmasin khususnya pada muatan IPS untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan media dan kombinasi model Improve, Make a Match dan Course Review Horay.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI