DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PENATAAN PERMUKIMAN KUMUH DI KELURAHAN PASAR LAMA KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:EKA SUJIARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-28


ABSTRAK

Eka Sujiarti, 1610411120002, 2020. Evaluasi Penataan Permukiman Kumuh Di Kelurahan Pasar Lama Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Di bawah bimbingan M. Nur Iman Ridwan

            Sebagai salah satu langkah dalam mewujudkan sasaran RPJMN pada tahun 2015-2019 yaitu melalui program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di tahun 2019, Direktorat Jenderal Cipta Karya mempercepat penanganan permukiman kumuh dan mendukung “Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman  kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak. Program KOTAKU di Kelurahan Pasar Lama telah muncul sejak tahun 2017. Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Ingin mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi penataan permukiman kumuh di Kelurahan Pasar Lama, 2. Ingin mengetahui faktor penghambat dalam penataan permukiman kumuh di Kelurahan Pasar Lama.

            Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif dan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian adalah Pengawas Fisik Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Banjarmasin, Koordinator KOTAKU Kota Banjarmasin, Kasi Program & Evaluasi Drainase Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin,  Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup  Kota Banjarmasin, Koordinator KOTAKU Kelurahan Pasar Lama, dan Masyarakat Kelurahan Pasar Lama. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi penataan Permukiman Kumuh di Kelurahan Pasar Lama dilihat dari indikator, (1) Evaluasi Kecocokan, program KOTAKU di Kelurahan Pasar Lama masih belum sepenuhnya cocok karena karena masih belum bergerak dari sisi pemberdayaannya, meskipun untuk indikator jalan, drainase lingkungan, persampahan (gerobak/motor sampah), dan MCK/Septitank Komunal sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat untuk mengurangi tingkat kekumuhan pada tahun 2019 berkurang menjadi 0,934 ha meskipun masih kekumuhan itu masih ada dikarenakan ada beberapa RT yang tidak masuk SK Kumuh. (2) Evaluasi Efektivitas cukup efektif dikarenakan program-programnya yang sudah terlaksana dan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan, dikarenakan sudah dilakukannya perbaikan dan pelebaran jalan sehingga jalan sudah bagus dan tidak lagi berlubang, walaupun dalam pelaksanaannya terkadang tidak sesuai dengan waktu perencanaan yang dibuat memakan waktu kegiatan selama beberapa hari hingga selama sebulan kurang atau lebih dikarenakan siklus cuaca yang mulai memasuki musim hujan ketika pelaksanaan program kegiatan. (3) Evaluasi Efisiensi sudah cukup efisien karena program pembangunan seperti jalan aspal, drainase, dan gerobak/motor sampah sangat membantu masyarakat Kelurahan Pasar Lama.

 

Kata Kunci : Evaluasi, Permukiman Kumuh, Kelurahan Pasar Lama

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI