DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN PPKN MATERI KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVSETIGATION (GI), AUDITORY INTELLECTUALY REPITATION (AIR) DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS V SDN BARAMBAI 1 BARITO KUALA
PENGARANG:HERNA RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-28


 

ABSTRAK

 

Rahmi, Herna. 2020.  Meningkatkan Hasil Belajar Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan PPKn  Materi Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Menggunakan Kombinasi Model Group Invsetigation (Gi), Auditory Intellectualy Repitation (Air) Dan Word Square  Pada Siswa Kelas V SDN Barambai 1 Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Group Investigation, Auditory Intellectualy Repitition, Word Square, PPKn.  

 

Permasalahan penelitian ini adalah siswa masih kesulitan dalam memahami materi Keragaman Sosial Budaya Masyarakat. Hal yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah pembelajaran bersifat satu arah, pembelajaran kurang menarik dan menyenangka serta pembelajaran kurang menekankan pada sikap serta berpikir kritis. Untuk meningkatkan aktivitas belajar materi Keragaman Sosial Budaya Masyarakat di kelas V ini maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa menggunakan kombinasi model pembelajaran model Group Investigation, Auditory Intellectualy Repititon, dan Word Square

 

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas V SDN Barambai 1 Batola tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 24 orang. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru Pertemuan 1 mencapai skor 26 kriteria baik, Pertemuan 2 mencapai skor 32 kriteria sangat baik, Pertemuan 3 mencapai skor 34 kriteria sangat baik, dan Pertemuan 4  mencapai skor 36 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada Pertemuan 1 mencapai 25,00% kriteria kurang aktif, Pertemuan 2 mencapai 58,33% kriteria cukup aktif, Pertemuan 3 mencapai 66,67% kriteria scukup aktif, dan Pertemuan 4 mencapai 83,33% kriteria aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada Pertemuan 1 mencapai 25,00%, Pertemuan 2 mencapai 58,33%, Pertemuan 3 mencapai 66,67%, dan Pertemuan 4  mencapai 95,83%.

 

Dari penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa aktivitas guru terlaksana berhasil dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa meningkat dengan kriteria aktif, dan hasil belajar siswa meningkat. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model Group Investigation, Auditory Intellectualy Repitition, dan Word Square siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran dan membantu siswa memahami konsep materi pelajaran serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI