DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MUATAN IPA MATERI GAYA DAN PENERAPANNYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRATION, THINK PAIR SHARE (TPS), DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN BELITUNG SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:MAHDINA IRAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-28


Irawati, Mahdina. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Muatan IPA Materi Gaya dan Penerapannya Menggunakan Kombinasi Model Demonstration, Think Pair Share (TPS), dan Make a Match Pada Siswa Kelas IV SDN Belitung Selatan 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd
 
Kata Kunci: Meningkatkan Aktivitas Belajar, Kombinasi Model Demonstration, Think Pair Share (TPS), dan Make a Match
 
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa saat proses pembelajaran sehingga  berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN Belitung Selatan 4 Banjarmasin. Hal ini disebabkan pada saat proses pembelajaran, siswa cenderung kurang memperhatikan dengan serius, dan juga siswa tidak terlibat secara aktif pada saat proses pembelajaran. Pembelajaran yang berlangsung juga kurang bermakna bagi siswa sehingga materi mudah dilupakan oleh siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model Demonstration, Think Pair Share (TPS), dan Make a Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan tiga kali pertemuan. Setting penelitian dilaksanakan di kelas IV semester genap dengan jumlah siswa  27 orang yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan di SDN Belitung Selatan 4 Banjarmasin tahun ajaran 2019/2020. Jenis data dalam penelitian ini kualitatif diperoleh melalui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I dan II mencapai kategori baik, dan pertemuan III mencapai kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kategori aktif, dan pada pertemuan II dan III mencapai kategori sangat aktif. Pada pertemuan I ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 15%, pertemuan II mencapai 81%, dan pertemuan III mencapai 89%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Demonstration, Think Pair Share (TPS), dan Make a Match, dapat meningkatkan aktivitas siswa pada muatan IPA tema Indahnya Keragaman di Negeriku di kelas IV SDN Belitung Selatan 4 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Penggunaan model ini disarankan sebagai salah satu alternatif untuk dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI