DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI WISATAWAN BERKUNJUNG KE MUSEUM WASAKA KELURAHAN SUNGAI JINGAH KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Nurul Maulida
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-02-01


Penelitian ini berjudul “Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Motivasi
Wisatawan Berkunjung ke Museum Wasaka Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan
Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi wisatawan berkunjung ke Museum
Wasaka Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan
pada objek wisata budaya Museum Wasaka di Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan
Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
wisatawan yang ditemui peneliti saat melakukan kunjungan di Museum Wasaka
Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Penentuan
sampel menggunakan metode
aksidental sampling. Jumlah sampel wisatawan
sebanyak 100 jiwa. Metode pengambilan data yaitu pengamatan langsung, kuesioner,
studi dokumen dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah uji instrumen digunakan untuk uji validitas dan reabilitas, uji prasyarat data
menggunakan uji normalitas, deskriptif persentase, dan analisis
crosstabs dengan
menggunakan uji
chi square.
Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan perhitungan analisis
crosstabs dan
uji
chi square, terdapat 6 variabel yang mempengaruhi motivasi wisatawan
berkunjung ke Museum Wasaka Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin
Utara Kota Banjarmasin. Pengetahuan (X2) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,045;
daya tarik (X3) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000; promosi (X4) memiliki nilai
signifikansi sebesar 0,000; aksesbilitas (X5) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000;
fasilitas (X6) memiliki nilai signifikansi memiliki sebesar 0,001 dan budaya (X7)
memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001.


Kata Kunci: Analisis crosstabs, Ekonomi, Pengetahuan, Daya Tarik, Promosi,
Fasilitas, Budaya, Motivasi, Museum

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI