DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BALOK MELALUI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME), DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN COURSE REVIEW HORRAY (CRH) PADA SISWA KELAS VC DI SDN SN PELAMBUAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:KHALIMATUS SADIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-28


ABSTRAK

 

Khalimatus Sadiyah. 2020. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil  Belajar Matematika Materi Volume Balok Melalui Model Realistic Mathematics Education (RME), Dikombinasikan Dengan Model Think Pair And Share (TPS) Dan Course Review Horray (CRH) Pada Siswa Kelas VC Di SDN SN Pelambuan 4 Banjarmasin”.Pembimbing Dr. H. Zulkifli, M.Pd

 

Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar, Volume Balok, Realistic Mathematics Education (RME), Think Pair And Share (TPS), Course Review Horray (CRH).

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VC SDN SN Pelambuan 4 Banjarmasin. Hal ini dikarenakan siswa masih pasif dalam bertanya maupun berdiskusi, kurangnya kerjasama antar siswa dalam berkelompok, dan siswa kurang memahami pembelajaran, kemudian guru dalam proses pembelajaran yang tidak ada menggunakan media atau alat peraga, proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan penggunaan model pembelajaran yang kurang menyenangkan. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Think Pair And Share (TPS) dan Course Review Horray (CRH).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi Volume Balok. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif, sedangkan jenisnya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di SDN SN Pelambuan 4 Banjarmasin pada siswa kelas VC dengan jumlah siswa 28 orang tahun ajaran 2019/2020. Objek penelitian ini adalah pembelajaran Volume Balok dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Think Pair And Share (TPS) dan Course Review Horray (CRH). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisa data menggunakan rata-rata dan presentase klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru memperoleh skor 29 dengan kriteria (Sangat Baik), aktivitas siswa meningkat menjadi 82 (Sangat Aktif), dan hasil belajar siswa mengalami penguasaan belajar sebanyak 88% (22 siswa). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Realistic Mathematics Education (RME), Think Pair And Share (TPS) dan Course Review Horray (CRH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi Volume Balok. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model Realistic Mathematics Education (RME), Think Pair And Share (TPS) dan Course Review Horray (CRH) sebagai alternatif dalam memilih model pembelajaran dalam rangka meningkatkan aktivitas dalam kegiatan pembelajaran dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI