DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN MAKE A MATCH DI SDN MAWAR 6 BANJARMASIN
PENGARANG:KIKI DWI AJENG
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-28


ABSTRAK

Ajeng, Kiki Dwi. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa 

Pada Mata Pelajaran PPKn Menggunakan Kombinasi Model Group 

Investigation, Numbered Heads Together(NHT), Dan Make A Match Di SDN

Mawar 6 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat 

Banjarmasin Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D.

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Model 

Group Investigation, Numbered Heads Together (NHT), Dan Make A Match.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan 

hasil belajar siswa. Karena siswa pembelajaran yang berlangsung satu arah,, kurang 

aktifnya peran siswa dalam pembelajaran dan mengakibatkan rendahnya hasil 

belajar di kelas III SDN Mawar 6 Banjarmasin Tujuan dari penelitian ini adalah 

untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa

dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa denan kombinasi Model Group 

Investigation, Numbered Heads Together (NHT), Dan Make A Match.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan 4 kali 

pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas III semester genap SDN Mawar 6 

Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. 

Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data 

kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu. Analisis data teknik 

deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya 

diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indicator 

keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar 

siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I 

mencapai skor 21 (Baik), pertemuan II mencapai skor 26 (sangat baik), pertemuan 

III mencapai skor 26 (sangat baik), dan pertemuan IV mencapai skor 27 (sangat 

baik). Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 50% (cukup aktif), pertemuan II 

mencapai 72,7% (aktif), pertemuan III mencapai 90,9% (sangat aktif), dan 

pertemuan IV mencapai 100% (sangat aktif). Motivasi siswa pada pertemuan I 

mencapai 63,6% (Tinggi), Pertemuan II mencapai 77,3% (Tinggi), pertemuan III 

mencapai 95,4% (Sangat Tinggi) dan pertemuan IV 100% (Sangat Tinggi) 

Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 50%, pertemuan 

II mencapai 72,7%, pertemuan III mencapai 90,9%, dan pertemuan IV mencapai 

100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group 

Investigation, Numbered Heads Together (NHT) dan Make A Match dapat 

meningkatkan aktivitas belajar, motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi 

Keberagaman Karateristik Individu di kelas III SDN Mawar 6 Banjarmasin. 

Disarankan hasil temuan ini dpat dijadikan salah satu alternatif dalam memilih 

model-model pembelajaran khusus untuk mata pelajara PPKn.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI