DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN MAKE A MATCH DI SDN MAWAR 6 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | KIKI DWI AJENG | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-28 |
ABSTRAK
Ajeng, Kiki Dwi. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran PPKn Menggunakan Kombinasi Model Group
Investigation, Numbered Heads Together(NHT), Dan Make A Match Di SDN
Mawar 6 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D.
Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Model
Group Investigation, Numbered Heads Together (NHT), Dan Make A Match.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan
hasil belajar siswa. Karena siswa pembelajaran yang berlangsung satu arah,, kurang
aktifnya peran siswa dalam pembelajaran dan mengakibatkan rendahnya hasil
belajar di kelas III SDN Mawar 6 Banjarmasin Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa
dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa denan kombinasi Model Group
Investigation, Numbered Heads Together (NHT), Dan Make A Match.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan 4 kali
pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas III semester genap SDN Mawar 6
Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang.
Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data
kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu. Analisis data teknik
deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya
diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indicator
keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar
siswa secara individual dan klasikal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I
mencapai skor 21 (Baik), pertemuan II mencapai skor 26 (sangat baik), pertemuan
III mencapai skor 26 (sangat baik), dan pertemuan IV mencapai skor 27 (sangat
baik). Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 50% (cukup aktif), pertemuan II
mencapai 72,7% (aktif), pertemuan III mencapai 90,9% (sangat aktif), dan
pertemuan IV mencapai 100% (sangat aktif). Motivasi siswa pada pertemuan I
mencapai 63,6% (Tinggi), Pertemuan II mencapai 77,3% (Tinggi), pertemuan III
mencapai 95,4% (Sangat Tinggi) dan pertemuan IV 100% (Sangat Tinggi)
Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 50%, pertemuan
II mencapai 72,7%, pertemuan III mencapai 90,9%, dan pertemuan IV mencapai
100%.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group
Investigation, Numbered Heads Together (NHT) dan Make A Match dapat
meningkatkan aktivitas belajar, motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi
Keberagaman Karateristik Individu di kelas III SDN Mawar 6 Banjarmasin.
Disarankan hasil temuan ini dpat dijadikan salah satu alternatif dalam memilih
model-model pembelajaran khusus untuk mata pelajara PPKn.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI