DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN MAWAR 6 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | FATIMATUL JANNAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-28 |
ABSTRAK
Jannah, Fatimatul. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada
Pembelajaran PPKn Materi Tema Indahnya Keragaman di Negeriku
menggunakan Model Student Teams Achievement Division (STAD),
Cooperative Integrated Reading and Composition, dan Make a Match pada
Siswa Kelas IV SDN Mawar 6 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Mahrita
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Student Teams Achievment Division
(STAD), Cooperative Integrated Reading and Composition, dan Make a
Match.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar siswa. Karena siswa belum bisa menerima pembelajaran dengan metode
pengajaran yang diberikan, kurangnya interaksi antara siswa dan guru dan
keaktifan siswa yang tidak maksimal saat kegiatan belajar sehingga
mengakibatkan rendahnya hasil belajar pembelajaran PPKn pada kelas IV SDN
Mawar 6 Banjarmasin. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan
menggunakan kombinasi model pembelajaran Student Teams Achievement
Division (STAD), Cooperative Integrated Reading and Composition, dan Make a
Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru,
aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi Keragaman
Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang
dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas
IV semester genap SDN Mawar 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020,
dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan.
Data diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa, dan melalui teknik
pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data berdasarkan skala
persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1
mencapai 75% (baik), meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada pertemuan 4,
aktivitas siswa secara klasikal mencapai 40 % (cukup aktif) pada pertemuan 1 dan
meningkat menjadi 100% (sangat aktif) pada pertemuan 4, serta hasil belajar
siswa secara klasikal mencapai 33% pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi
87% pada pertemuan 4.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran
Student Teams Achievement Division (STAD), Cooperative Integrated Reading
and Composition, dan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa pada materi keragaman suku bangsa di Indonesia di kelas IV SDN
Mawar 6 Banjarmasin.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI