DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN MAWAR 6 BANJARMASIN
PENGARANG:FATIMATUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-28


ABSTRAK

Jannah, Fatimatul. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada

Pembelajaran PPKn Materi Tema Indahnya Keragaman di Negeriku 

menggunakan Model Student Teams Achievement Division (STAD), 

Cooperative Integrated Reading and Composition, dan Make a Match pada 

Siswa Kelas IV SDN Mawar 6 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan 

Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas 

Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Mahrita 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Student Teams Achievment Division 

(STAD), Cooperative Integrated Reading and Composition, dan Make a 

Match. 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil 

belajar siswa. Karena siswa belum bisa menerima pembelajaran dengan metode 

pengajaran yang diberikan, kurangnya interaksi antara siswa dan guru dan 

keaktifan siswa yang tidak maksimal saat kegiatan belajar sehingga 

mengakibatkan rendahnya hasil belajar pembelajaran PPKn pada kelas IV SDN 

Mawar 6 Banjarmasin. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan 

menggunakan kombinasi model pembelajaran Student Teams Achievement

Division (STAD), Cooperative Integrated Reading and Composition, dan Make a 

Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, 

aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi Keragaman 

Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang 

dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 

IV semester genap SDN Mawar 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, 

dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan. 

Data diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa, dan melalui teknik 

pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data berdasarkan skala 

persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 

mencapai 75% (baik), meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada pertemuan 4, 

aktivitas siswa secara klasikal mencapai 40 % (cukup aktif) pada pertemuan 1 dan 

meningkat menjadi 100% (sangat aktif) pada pertemuan 4, serta hasil belajar 

siswa secara klasikal mencapai 33% pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 

87% pada pertemuan 4.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran 

Student Teams Achievement Division (STAD), Cooperative Integrated Reading 

and Composition, dan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil 

belajar siswa pada materi keragaman suku bangsa di Indonesia di kelas IV SDN 

Mawar 6 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI