DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KINERJA BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KABUPATEN TANAH BUMBU DENGAN BALANCE SCORECARD
PENGARANG:SITI JUARIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-29


ABSTRAK

SITI JUARIAH. 1610411620028. Analisis Kinerja Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah  Di Kabupaten Tanah Bumbu Dengan Balance Scorecard. Dibawah Bimbingan Dr.Hj. Rahma Yuliani,M.Si sebagai Dosen Pembimbing

 

Balance scorecard  merupakan alternataif untuk mengukur kinerja selain memepertimbangkan factor keuangan serta factor nonkeuangan dengan empat perspektifnya yaitu : Perspektif pelanggan, perspektif internal, perspektif inovasi dan pembelajaran serta perspektif finansial diharapkan dapat memberikan penilaian yang komprehensif kepada manajemen organisasi baik profit maupun non profit. Dalam hal ini pengukuran kinerja perlu dilakukan dan diperhatikan agar mengetahui kondisi kinerja pada karyawan dalam suatu tindakan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kinerja Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Baik jika diukur dengan Balance Scorecard.

Penelitian pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Tanah Bumbu   dilakukan pada 10 febuari – 30 april 2020, peneliti melakan pengambilan data dari masing-masing indikator dari empat perspektif dalam balance scorecard dan kemudian memberikan skor dari masing-masing hasil dari indikator-indokator yang ada pada balance scorecard yang telah diteliti. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan metode Balance Scorecard  dapat ditarik kesimpulan bahwa dari hasil analisi yang telah diteliti melalui empat perspektif maka Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,20 yang dapt dikategorikan sangat baik.

Kata Kunci : Kinerja dan Balance Scorecard

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI