DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 1 BANJARBARU
PENGARANG:DINA MARDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-29


ABSTRAK

 

Dina Mardiana. 2020. Pembelajaran IPS di SMPN 1 Banjarbaru. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: Mutiani, M.Pd.

Fokus pembelajaran adalah interaksi antara guru, peserta didik, dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Semua komponen dalam pembelajaran IPS harus berperan secara maksimal agar pembelajaran dapat berjalan seimbang dan berkualitas. Oleh karenanya, perlu untuk memahami inovasi dalam signifikansi pendidikan dengan memperhatikan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Banjarbaru, dengan tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran IPS di SMPN 1 Banjarbaru. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS di SMPN 1 Banjarbaru. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran IPS di SMPN 1 Banjarbaru.

Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan mendeskripsikan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yang spesifik merujuk pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran IPS, wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS, dan peserta didik, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi sebagai penarikan kesimpulan. Keabsahan data melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan bahan referensi.

Hasil penelitian: 1) Perencanaan pembelajaran IPS yang dibuat oleh guru berpedoman pada silabus dan kurikulum 2013. Dalam membuat RPP guru memuat komponen-komponen seperti tema/materi, alokasi waktu, KI, KD, indikator, model, alat dan bahan, penilaian serta mengembangkannya lagi dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. 2) Pelaksanaan pembelajaran IPS dilakukan dalam tahap kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Guru sudah melaksanakan perannya sebagai pengajar, pembimbing, fasilitator, dan evaluator. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran IPS kurang efektif dalam penggunaan alokasi waktu, serta kurang maksimal dalam memuat unsur muatan lokal maupun pemanfaatan sumber belajar dan media belajar. 3) Evaluasi pembelajaran IPS dilakukan dengan melihat hasil diskusi dan tugas. Namun masih terdapat ketidaksesuaian evaluasi yang terimplementasi dengan yang sebelumnya telah terencana dalam RPP. Hal ini terjadi dikarenakan menyesuaikan situasi dan kondisi di kelas.

Kata kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pembelajaran IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI