DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MANFAAT KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN BELITUNG SELATAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:HERAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-29


Herawati. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Manfaat Keberagaman Karakteristik Individu Di Kehidupan Sehari-hari Menggunakan Kombinasi Model Contextual Teaching And Learning, Numbered Head Together Dan Make A Match Di Kelas IV SDN Belitung Selatan 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Contextual Teaching And Learning, Numbered Head Together, Make A Match.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa tidak menguasai materi Manfaat Keberagaman Karakteristik Individu di Kehidupan Sehari-hari yang menyebabkan rendahnya hasil belajar pada materi tersebut. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilaksanakan masih konvensional dan monoton, pembelajaran berpusat pada guru, tidak menggunakan model serta media pembelajaran, dan siswa tidak terlibat secara langsung. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Numbered Heads Together dan Make A Macth. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Belitung Selatan 2 Banjarmasin pada siswa kelas IV semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 24 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis data kualitatif yaitu aktivitas guru dan siswa, dan analisis data kuantitatif yaitu hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru Pertemuan I mencapai skor 23 kriteria “Cukup Baik” dan pertemuan II mencapai skor 30 kriteria “Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria “Cukup Aktif” dan pertemuan II mencapai kriteria “Aktif”. Pada pertemuan I ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 45% dan pada pertemuan II ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 74%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Numbered Heads Together dan Make A Macth dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi manfaat keberagaman karakteristik individu di kehidupan sehari-hari di kelas IV SDN Belitung Selatan 2 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Saran penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk memilih dan menggunakan model pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI