DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBACA PEMAHAMAN CERITA FIKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROTRACTOR (Problem Reading grOup to Talk, Reaply, Arrange Card and moniTOR) DI KELAS IV SDN KARANG MEKAR 8 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD SYUFOWANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-29


ABSTRAK

Syufowani, Muhammad. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Membaca Pemahaman Cerita Fiksi  Melalui Model Pembelajaran Protractor (Problem Reading grOup to Talk, Reaply, Arrange Card and moniTOR)  Di Kelas IV Sdn Karang Mekar 8 Banjarmasin”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Syahmani, M.Si.

Kata Kunci : keterampilan membaca pemahaman cerita fiksi, PROTRACTOR.

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena hasil belajar siswa di kelas 4 SDN Karang Mekar 8 Banjarmasin dalam membaca pemahaman cerita fiksi masih rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil tes dimana siswa belum mencapai KKM (70). Hal ini dikarenakan siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran, kurangnya pengetahuan dalam kosa kata, dan kurangnya interaksi antar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut, maka peneliti menggunakan model PROTRACTOR. 

Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah kelas 4 SDN Karang Mekar 8 Banjarmasin berjumlah siswa 29 siswa, terdiri dari 16 laki-laki dan 13 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan butir tes untuk hasil belajar dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa. 

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapatkan skor 19 kategori baik, pada pertemuan 2 skor 20 kategori baik, pada pertemuan 3 skor 21 kategori baik, dan meningkat pada pertemuan 4 dengan skor 25 kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 keaktifan 72,41%, pada pertemuan 2 menjadi 75,87%, pada pertemuan 3 menjadi 86,20% dan meningkat pada pertemuan 4  menjadi 93,10%. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 ketuntasan 62,07%, pertemuan 2 ketuntasan 70,11%, pertemuan 3  ketuntasan 86,21% dan pertemuan 4 ketuntasan meningkat menjadi 95,40%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan model PROTRACTOR dapat meningkatkan aktivitas guru dengan sangat baik dan aktivitas siswa dengan sangat aktif, serta meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep membaca pemahaman cerita fiksi di kelas 4 SDN Karang Mekar 8 Banjarmasin. 

Sebagai saran, bagi guru di kelas 4 Sekolah Dasar untuk menggunakan kombinasi model PROTRACTOR sebagai alternatif solusi pemecahan masalah dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman cerita fiksi. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI