DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL IDOL SWING PADA KELAS IV A SDN SUNGAI ANDAI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:DHITA PUTRI ARDHANASWARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-29


Kata Kunci:   Aktivitas Siswa, Berpikir Kritis, Kegiatan Ekonomi, Inkuiri, Double Loop Problem Solving, Snowball Throwing.

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa, berpikir kritis dan hasil belajar siswa di kelas IV A semester 2 muatan IPS tema 8 materi kegiatan ekonomi menggunakan model Idol Swing di SDN Sungai Andai 4 Kota Banjarmasin Tahun Ajaran 2019/2020. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan dua siklus. Manfaat dari peneltian ini  ialah meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model inovatif Idol Swing (Inkuiri, Double Loop Problem Solving dan Snowball Throwing) menunjukan peningkatan yang signifikan.  Pada aktivitas guru pertemuan 1 guru mendapatkan skor total 13 (54,17%) lalu pada pertemuan kedua guru mendapat skor 17 (70,83%).  Skor terus meningkat sebanyak 2 skor sehingga pada pertemuan 3 guru mendapat skor 22 (91,67%) dan pada pertemuan terakhir guru mendapat skor maksimal yaitu 24 (100,00%). Sedangkan untuk aktivitas siswa,  pertemuan pertama siswa secara klasikal menunjukkan hasil 60,00% dan mengalami peningkatan sebanyak 17,14% sehingga pada pertemuan 2 mendapatkan hasil 77,14. Pertemuan 3 mengalami pengingkatan kembali sampai mencapai hasil 100,00% pada aspek aktivitas siswa dan bertahan dengan hasil yang sama dengan pertemuan 4.  Untuk berpikir kritis siswa, pertemuan 1 yang mendapatkan hasil 48,57% terus meningkat sebanyak 28,57 sehingga pada pertemuan 2 mendapatkan hasil 77,14% namun hasil tersebut belum mencapai ketuntasan dari yang ditetapkan dan jauh dari kata maksimal. Untuk itu dilakukan pertemuan 3 dengan hasil 100,00% dan bertahan sampai pertemuan 4 yang mencapai hasil sama. Dan terhadap hasil belajar hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan baik aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penggunaan kombinasi model pembelajaran Inkuiri, Double Loop Problem Solving dan Snowball Throwing  atau Idol Swing dalam penelitian ini telah berhasil.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI