DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GOOD GOVERNANCE DALAM PEMBANGUNAN PASAR AGROBISNIS TRADISIONAL MODERN BARABAI DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:ARBAINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-29


 

ABSTRAK

 

Arbainah. NIM. 1610411120001. Skripsi. Good Governance dalam Pembangunan Pasar Agrobisnis Tradisional Modern Barabai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Di bawah bimbingan Muhammad Riduansyah Syafari.

 

Kunci utama untuk memahami kepemerintahan yang baik (good governance) adalah pemahaman atas prinsip-prinsip yang terdapat di dalamnya. Selain itu, penyelenggaraan kepemerintahan yang baik dan bertanggungjawab baru akan tercapai apabila dalam penerapan otoritas politik, ekonomi, dan administrasi ketiga komponen good governance tersebut memiliki jaringan dan interaksi yang setara.

 

Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pembangunan Pasar Agrobisnis Tradisional Modern Barabai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja yang menjadi penghambat dalam penerapan prinsip-prinsip good governace dalam pembangunan Pasar Agrobisnis Tradisional Modern Barabai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

 

Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Menggunakan informan penelitian. Teknik Pengumpulan data yaitu, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data meliputi Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.

 

Berdasarkan hasil penelitian Good Governance dalam Pembangunan Pasar Agrobisnis Tradisional Modern Barabai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada realitasnya dapat dikatakan belum optimal, karena masih terdapat dua permasalahan yaitu kurangnya akuntabilitas dan keterbukaan. Adapun faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan prinsip-prinsip good governace dalam pembangunan Pasar Agrobisnis Tradisional Modern Barabai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yaitu faktor keuangan daerah (funding or budgeting), faktor pasrtisipasi masyarakat (public partisipation), dan penegakan hukum yang lemah.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kata Kunci: Good Governance, Pembangunan Pasar, Agrobisnis Tradisional Modern

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI