DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL BATU BARA (PEMBELAJARAN BERORIENTASI INSTRUKSI BERPIKIR AKTIF DAN KRITIS SISWA) DI SEKOLAH DASAR | |
PENGARANG | : | SITI NURBAYAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-29 |
Nurbayah, Siti. 2020. "Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa
Menggunakan Kombinasi Model Batu Bara (Pembelajaran Berorientasi
Instruksi Berpikir Aktif Dan Kritis Siswa) Di Sekolah Dasar”. Skripsi
Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruaan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Sulaiman,
M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci : Explicit Instruction, Auditory Intellectually Repetition, Course Review
Horay, aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi, hasil belajar siswa.
Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah masih banyak siswa
yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep, keaktifan siswa pada saat
pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang hanya diam mendengarkan
tetapi kurang aktif dan belum berpikir kritis, dalam pembelajaran siswa mudah
bosan karena pembelajaran kurang menyenangkan, serta rendahnya motivasi siswa
dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar siswa berada di
bawah KKM. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan
pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran Explicit Instruction,
Auditory Intellectually Repetition, dan Course Review Horay. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar
siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian teoritik atau
literatur dengan cara perolehan data melalui berbagai artikel dan sumber yang
berasal baik dari buku, jurnal, dan media lain yang mendukung dengan teori model
pembelajaran Explicit Instruction, Auditory Intellectually Repetition, dan Course
Review Horay.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
menggunakan model Explicit Instruction, Auditory Intellectually Repetition, dan
Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi
belajar siswa dan hasil belajar siswa.
Disarankan kepada guru untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang
inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan
mengoptimalkan penggunaan media dan model Explicit Instruction, Auditory
Intellectually Repetition, dan Course Review Ho
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI