DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL BATU BARA (PEMBELAJARAN BERORIENTASI INSTRUKSI BERPIKIR AKTIF DAN KRITIS SISWA) DI SEKOLAH DASAR
PENGARANG:SITI NURBAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-29


Nurbayah, Siti. 2020. "Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa 

Menggunakan Kombinasi Model Batu Bara (Pembelajaran Berorientasi 

Instruksi Berpikir Aktif Dan Kritis Siswa) Di Sekolah Dasar”. Skripsi 

Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruaan dan Ilmu 

Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Sulaiman, 

M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci : Explicit Instruction, Auditory Intellectually Repetition, Course Review 

Horay, aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi, hasil belajar siswa.

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah masih banyak siswa 

yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep, keaktifan siswa pada saat 

pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang hanya diam mendengarkan 

tetapi kurang aktif dan belum berpikir kritis, dalam pembelajaran siswa mudah 

bosan karena pembelajaran kurang menyenangkan, serta rendahnya motivasi siswa 

dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar siswa berada di 

bawah KKM. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan 

pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran Explicit Instruction, 

Auditory Intellectually Repetition, dan Course Review Horay. Penelitian ini 

bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar 

siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian teoritik atau 

literatur dengan cara perolehan data melalui berbagai artikel dan sumber yang

berasal baik dari buku, jurnal, dan media lain yang mendukung dengan teori model 

pembelajaran Explicit Instruction, Auditory Intellectually Repetition, dan Course 

Review Horay.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran 

menggunakan model Explicit Instruction, Auditory Intellectually Repetition, dan

Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi 

belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Disarankan kepada guru untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang 

inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan 

mengoptimalkan penggunaan media dan model Explicit Instruction, Auditory 

Intellectually Repetition, dan Course Review Ho

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI