DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN PPKN TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DIKOMBINASIKAN DENGAN SCRAMBLE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS IV SDN JAWA 1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NOORJANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-29


 

Noorjannah. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan PPKn Tema 9 Kayanya Negeriku Melalui Model Group Investigation Dikombinasikan Dengan Scramble dan Numbered Head Together di Kelas IV SDN Jawa 1 Kabupaten Banjar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Ali Rachman, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, PPKn, Group Investigation, Scramble, Numbered Head Together.

 

Permasalahan pada penelitian ini ialah beberapa siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi dan soal, kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, siswa cenderung terpacu pada buku paket. Hal tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar anak yang tidak akan maksimal, sehingga perlu diadakan penelitian ini. Salah satu upaya untuk mengatasinya yaitu menggunakan model Group Investigation Dikombinasikan dengan Scramble dan Numbered Head Together. Tujuannya untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan PPKn di kelas IV SDN Jawa 1 Kabupaten Banjar.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jawa 1 Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 orang siswa dengan 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengambilan data dengan menggunakan pengolahan data kualitatif yaitu observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, data kuantitaf diperoleh dari hasl belajar siswa melalui tes tertulis secara individu maupun klasikal.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada akhir siklus 4 mencapai kriteria sangat baik dengan perolehan skor 26. Aktivitas siswa pada akhir siklus 4 mencapai kriteria sangat aktif dengan persentase 91%. Begitu pula pada ketuntasan klasikal hasil belajar siswa yang meningkat pada siklus 4 secara klasikal memperoleh persentase 91,3%.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation dikombinasikan dengan Scramble dan Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dengan demikian, diharapkan guru dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI